Ilustrasi.Suasana di pelabuhan Nias

Gunungsitoli-Intainews.com:Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas V Gunungsitoli mengajukan penambahan kapal penumpang/ perintis ke Kementrian Perhubungan. “Untuk menghadapi arus mudik Natal dan Tahun Baru, kita sangat kekurangan kapal penumpang,” terang Kepala KSOP kelas V Gunungsitoli Merdi Loi, Senin 8 September 2018.

Maka kantor KSOP Kelas V Gunungsitoli dengan dukungan penuh Pemerintah Kota Gunungsitoli berjuang mengusulkan penambahan sebanyak dua unit kapal penumpang/perintis kepada Kementerian Perhubungan.

Kedua kapal tersebut akan digunakan untuk melayani trayek secara liner, dari Pelabuhan Gunungsitoli – Sibolga pulang pergi, dan dari Pelabuhan Gunungsitoli-Singkil (Aceh) pulang pergi. Tujuan penambahan kapala supaya para penumpang pengguna jasa angkutan laut di Gunungsitoli dapat menikmati pelayanan kapal yang memadai, aman, nyaman, lancar dan selamat sampai tujuan.

“Kita butuh dukungan semua pihak agar permintaan kita untuk penambahan dua unit kapal penumpang/perintis ke Kementerian Perhubungan dikabulkan”, ucapnya. Dia tidak lupa memberitahu, saat ini kapal penumpang/perintis yang beroperasi di Pelabuhan Gunungsitoli hanya ada lima unit.

Dua unit adalah milik pemerintah yang dikelola oleh Dirjen Angkutan Sungai, Danau dan Perairan (ASDP) yakni KMP Belanak rute Gunungsitoli-Sibolga dan KMP Teluk Singkil rute Gunungsitoli-Singkil. “Yang tiga unit lagi adalah milik swasta, dan ketiganya berlayar rute Gunungsitoli-Sibolga, yakni KMP Wira Prime, KMP Wira Glory dan KMP Wira Victorya,” jelasnya. *Inc-12