Nagan Raya-Intainews.com:Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh menggelar mediasi sengketa keterlambatan laporan dana kampanye calon legislatif Pemilu 2019, Jumat 5 Oktober 2018 (foto).

Ketua Divisi Hukum dan Penindakan Panwaslih Nagan Raya, Adam Sani, S.HI, MH mengatakan, pihaknya hari ini memediasi antara partai politik lokal PNA dengan KIP setempat. “Pemohon yakni Partai Nanggroe Aceh dan termohon atau KIP Nagan Raya kami datangkan pada mediasi ini. Dalam sidang mediasi ini kami meminta keterangan dari pemohon dan termohon,” kata Adam Sani.

Pada mediasi itu, masing masing pihak mempedomani UU secara berbeda. PNA berpedoman pada UU Nomor 7 tahun 2017 tentang penyelenggaraan pemilu yaitu ada celah keterlambatan diproses 12 hari sebelum rapat umum.

Dalam pertemuan itu kedua belah pihak mencapai kesepakatan yaitu KIP menerima hasil mediasi hari ini. Dengan mempertimbangkan niat baik partai lokal tersebut. “Kita menerima dengan mempertimbangkan niat baik partai lokal tersebut,” terang M Yasin selaku ketua KIP Nagan Raya.

Secara terpisah, Ketua PNA Nagan Raya, Teuku Cutman, SE menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Panwaslih yang telah memediasi pihaknya dengan KIP Nagan Raya. “Kami sangat berterima kasih kepada Panwaslih dan KIP atas hasil pertemuan kita hari ini,” ungkap Cutman.

Informasi yang diperoleh, tak hanya PNA, terdapat 4 partai politik lainnya yang akan menempuh jalur mediasi diantaranya Partai Demokrat, Partai Sira, PA, dan PAN. *Inc-09