Pertemuan Bupati Tobasa dengan pihak marga Sibuea

Tobasa-Intainews.com:Persoalan tanah untuk pembangunan pasar rakyat Laguboti kini telah melahirkan kesepakatan antara pemerintah Kabupaten Tobasamosir (Tobasa) dengan warga Desa Sibuea untuk segera dilaksanakan pembangunannya.

Pasalnya, tanah untuk pembangunan pasar rakyat itu awalnya diklaim pihak marga Sibuea adalah milik mereka dari keturunan nenek moyang mereka dari Ompu Sabungan Niaji Sibuea.

Pihak marga yang diwakili Sahat Ponggek Sibuea, Roy Sibuea cs bertemu dengan Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian MM, Kadis Koperindag Marsarasi Simanjuntak SP dan Kabag Hukum Lukman Siagian SH melakukan pertemuan di ruang mini kantor Bupati, Rabu 19 September 2018.

Dalam pertemuan itu, pihak marga Sibuea menyerahkan surat berwarna merah kepada Bupati Tobasa sebagai surat sakti mereka mengkalim tanah itu. Atas dasar itulah pasar rakyat ini sempat dihentikan saat dimulainya atau pematokan pekerjaan.

Setelah diperoleh hasil pertemuan, untuk tidak ada lagi pergunjingan dan persoalan mengenai tanah tersebut, Bupati mempersilakan segera pembangunan pasar itu agar dapat menampung para pedagang yang masih di jalan lintas sumatera.

Sementara Kadis Koperindag Marsarasi Simanjuntak SP menyambut baik pertemuan tersebut, agar semua pihak dapat merasakan arti pentingnya pembangunan tanpa ada menimbulkan polemik di kemudian hari.

Proyek pembangunan itu menurut mantan Kakan Ketahanan Pangan itu, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai penawaran Rp 5,634 miliar tahun anggaran 2018 dengan kontraktor PT Reguel Membangun Bersama. *Inc-14