Gengan mata tetutup menangkap hewan ternak peliharaan

Nias-Intainews.com:Lomba menangkap ternak meriahkan peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 73 di Desa Sohoya, Kecamatan Bawalato, Kabupaten Nias, Sumatera Utara, Minggu 19 Agustus 2018.

Selain lomba menangkap ternak peliharaan, warga juga melaksanakan lomba panjat pinang dan tarik tambang antara dusun. Onlyhu Ndraha salah seorang warga mengatakan jika dana pelaksanaan lomba diambil dari dana desa sebesar Rp 5 juta.

Dari Onlyhu yang dihubungi, Senin (20/8), diketahui jika puncak Hut RI ke 73 di desa Sohoya digelar pada hari Minggu karena pada hari biasa dan tanggal 17 Agustus warga desa keluar desa melihat pelaksanaan upacara HUT RI di ibukota kabupaten.

Perayaan HUT RI di desa Sohoya baru digelar tahun ini, dan dimeriahkan dengan lomba menangkap ternak. Dalam lomba menangkap ternak, warga menyiapkan kandang ukuran 4×4 meter yang di dalam kandang tersebut di lepas ternak babi.

Tiap dusun diwakili satu warga yang harus ditutup matanya dengan kain saat menangkap ternak. Warga yang bisa menangkap ternak dengan waktu tercepat yang dipilih menjadi juara pertama.*Irwanto