Tim cepat tanggap dari Dinas Kesehatan Kota Padangsidimpuan sedang melakukan pengasapan (fogging) guna antisipasi penyebaran demam berdarah melalui nyammuk di sekitaran Kelurahan Sadabuan Kota Padangsidimpuan, Sabtu.

Padangsidimpuan – Intainews.com: Tim Cepat Tanggap dari Dinas Kesehatan Kota Padangsidimpuan melaksanakan pengasapan (fogging) untuk mengantisipasi penyebaran penyakit demam berdarah melalui nyamuk aedes aegypti.

Fogging dilaksanakan di sekitaran Kelurahan Sadabuan Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Sabtu (21/03/2020).

Elpi Zunianti Hsb SKM MKM selaku Kabid Pencegahan & Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Padangsidimpuan mengatakan, kegiatan ini atas laporan warga sekitar yang terserang penyakit demam berdarah dengue (DBD). Mereka berharap dilaksanakan fogging di lingkungan tersebut.

Kabid P2P juga menuturkan, fogging yang dilakukan sejalan dengan program pemerintah untuk memerangi nyamuk aedes aegypti.

“Selain fogging kami memberikan edukasi soal pelaksanaan 4M. Menguras, mengubur, menutup dan memantau persebaran nyamuk aedes aeghypti,” kata Kabid P2P.

Dia siap melaksanakan fogging jika ada warga lain di wilayah Padangsidimpuan yang membutuhkan. Dinas Kesehatan selalui siap melayani masyarakat sesuai dengan visi dan misi Kota Padangsidimpuan yang “BERSINAR” hadir langsung untuk warga.

“Kami siap turun langsung kemasyarakat. Adukan ke kami. Ini termasuk pencegahan agar penyakit tersebut tak lagi menyerang warga,” ungkap Kadis Kesehatan Sofyan Subri.

Sebelumnya, dinas kesehatan bersama BPBD juga telah melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah wilayah, baik di Kota Padangsidimpuan dalam mengantisipasi penyebaran serta melawan virus Corona yang kini sudah dinyatakan sebagai pandemi.

Sofyan Subri meminta kerja sama dari masyarakat jika ada kena DBD agar segera melapor ke puskesmas – puskesmas di Kota Padangsidimpuan maupun Dinas kesehatan, atau dapat juga menghubungi Call Center Dinas Kesehatan Kota Padangsidimpuan di Nomor 0822 9821 6183. Inc-Lin