Unsur Muspika dan masyarakat melakukan gotongroyong (Gotroy) di salah satu gampong dalam Kecamatan Labuhanhaji Barat, Kabupaten Aceh Selatan, Jumat. (Foto Intai – YUNARDI M.IS)

Aceh Selatan – Intainews.com: Unsur Muspika dan masyarakat melakukan gotongroyong (Gotroy) di setiap gampong di Kecamatan Labuhanhaji Barat, Kabupaten Aceh Selatan.

Giat kebersihan dilaksanakan dengan sasaran, tempat keramaian, kantor pemerintah maupun lembaga swasta, badan jalan, tempat ibadah (Masjid dan Mushalla), serta pembersihan drainase atau saluran pembuangan air.

“Kegiatan ini dilaksanakan guna pencegahan penyebaran virus corona,” ungkap Camat Labuhanhaji Barat, Said Suhardi, usai melakukan gotongroyong tersebut, Jumat (20/03/2020).

Camat Said Suhardi menjelaskan, selain melakukan gotongroyong pihaknya juga lakukan penyemprotan disinfektan di beberapa titik lokasi pusat keramaian penduduk seperti pasar maupun tempat sarana umum lainnya.

“Penyemprotan ini dibantu oleh BPBD Aceh Selatan melalui petugas pemadam kebakaran (Damkar) pos Labuhanhaji Raya,” jelasnya.

Selain itu, para petugas kesehatan dari UPTD Puskesmas Blang Keujeren Labuhanhaji Barat, juga turun langsung ke lapangan ke setiap gampong memberikan sosialisasi dan imbauan terkait merebaknya isu virus Covid 19.

Sebelumnya, tambah Camat Said Suhardi, Kamis (19/03/2020) malam, di seluruh gampong di Kecamatan Labuhanhaji Barat di masjid-masjid usai melaksanakan ibadah shalat mahgrib juga digelar doa bersama dengan membaca yasinan.

“Membaca qunut nazilah dan doa tolak bala. Bermohon kepada Allah SWT supaya dijauhkan dari segala bencana maupun penyakit terutama virus corona,” paparnya.

Untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid 19) di wilayah Kecamatan Labuhanhaji Barat, unsur Muspika plus dan UPTD Puskesmas Blang Keujeren menghimbau kepada masyarakat agar sementara waktu untuk tidak berpergian jauh keluar daerah.

Gotongroyong di setiap gampong melakukan pembersihan menurut pantauan intainews.com bukan hanya di satu Kecamatan malah di 18 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Selatan ikut bergotong royong dan bersih bersih di lingkungan gampong masing masing. Inc – Yun