Suasana rapat yang dipimpin Pj Sekda Kota Siantar, Kusdianto SH bersama Tim Terpadu di Ruang Kantor Bappeda.foto/ist.

Siantar-Intainews.com : Pemerintah Kota Pematangsiantar terus melakukan kebijakan guna mencegah semakin maraknya penyebaran virus Corona (Covid-19). Bersama tim terpadu yang telah dibentuk, Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kusdianto SH menggelar rapat di kantor Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Pematangsiantar, Jumat (20/3/2020).

Dalam rapat tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Pematangsiantar yang juga Plt Direktur RSUD dr Djasamen Saragih dr Ronald Saragih mengatakan, ruang isolasi untuk pasien Covid-19 sedang dalam pembenahan. Selain itu, disiapkan alat-alat kebersihan, dan menambah jumlah wastafel untuk mencuci tangan.

Disebutkannya juga, rumah sakit swasta berjanji bisa meminjamkan alat-alat yang diperlukakan apabila terjadi hal-hal urgen terkait Covid-19 di Kota Pematangsiantar. Selain itu, Puskesmas wajib melapor ke Dinas Kesehatan apabila ada merawat dan memeriksa warga yang mengalami gejala Covid-19.

Khusus di ruang isolasi yang berada di RSUD dr Djasamen Saragih disiapkan lima unit tempat tidur.

Selanjutnya, Pj Sekda Pematangsiantar Kusdianto SH mengharapkan masyarakat atau toko-toko jangan menimbun sembako. Pemko Pematangsiantar, katanya, akan mencek langsung ke toko-toko.

Selain itu, pasar-pasar dan pintu-pintu masuk menuju Kota Pematangsiantar akan dipantau.

“Juga mengontrol tempat-tempat keramaian yang ada di Kota Pematangsiantar,” katanya.

Hal lainnya, memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang cara penanggulangan Covid-19. Sedangkan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diminta selalu berkoordinasi mengenai Covid-19.

“Satpol PP dan Dinas Pendidikan agar rutin razia kepada anak-anak sekolah yang masih berkeliaran di luar rumah dan yang berkumpul di tempat keramaian,” katanya.

Turut hadir dalam rapat tersebut, para staf ahli, asisten, dan OPD Pemko Pematangsiantar.Inc-01.