Bupati Gayo Lues H Muhammad Amru bersama jajarannya saat rapat membahas penanganan Corona. 

Gayo Lues-Intainews.com: Bupati Gayo Lues H Muhammad Amru menggelar rapat membahas tentang kesiagaan dan pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) bersama Muspika se kabupaten, Kamis (19/03/2020) di Ofroom Sekdakab setempat.

Amru menyebutkan, sosialisasi agar dilakukan kepada masyarakat seperti menghindari tempat keramaian sekaligus tentang penggunaan logistik sehemat mungkin (diharapkan menggunakan produksi sendiri).

“Kepada semua perangkat kecamatan dan masyarakat untuk proaktif melaporkan tamu-tamu yang datang dan aktif melaporkan jika ada terjangkit gejala Covid-19 ke fasilitas kesehatan atau menghubungi ke call center satgas Covid-19 08116799088 atau ke Posko satgas Covid-19 di Umah Pitu Ruang Pendopo Bupati Gayo Lues,” sebutnya.

Bupati juga menyampaikan, jika ada mahasiswa yang baru pulang dan mengalami gejala Covid-19 juga harus di informasikan ke Call Center Satgas Covid-19 yang sudah disediakan Pemerintah setempat.

Untuk masalah kegiatan, Amru berpesan agar menunda terlebih dahulu untuk menghindari aktivitas keramaian seperti, pelaksanaan pemilihan Kepala Desa agar ditunda, subuh keliling untuk sementara di berhentikan terlebih dahulu.

Sementara, Sekretaris Daerah H Thalib S Sos MAP menambahkan, sosialisasi diharapkan dapat dilaksanakan secara langsung, sehingga pesan-pesan tersebut cepat sampai ke masyarakat, agar pedoman atau SOP Pencegahan ini agar disampaikan dengan satu bahasa.

Kemudian penerapan libur untuk siswa SD, SLTP, SMA harus jelas apa yang dilakukan oleh siswa, guru dan orang tua dari penerapan libur tersebut,” jangan dibiarkan begitu saja, dan siswa malah main-main,” terangnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Irwansyah melaporkan bahwasanya masih banyak terlihat siswa yang berkeliaran di luar dan siswa belum menyadari dari SOP pencegahan Covid-19 sehingga masih kurang pengawasan dari pihak sekolah dalam hal ini mohon arahan mengenai hal ini. Inc – Rel