Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu,SH menyerahkan Piala kepada juara umum MTQN Ke-52 Kecamatan Angkola Selatan.foto/Ist.

Tapsel-Intainews.com : Musabaqah Tilawatil Qu’ran Nasional (MTQN) Ke-52 Tingkat Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Tahun 2020 secara resmzi ditutup Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu, SH di lapangan Sepakbola Kelurahan Simarpinggan, Kecamatan Angkola Selatan, Minggu (15/3/2020) malam.
yang ditandai dengan pemadaman lampu tilawah dan kumandangan azan.

Pada MTQN Ke-52 kali ini, Kecamatan Angkola Muaratais berhasil meraih juara umum disusul Kecamatan Batang Angkola sebagai juara kedua dan Kecamatan Angkola Selatan sebagai juara ketiga. Kecamatan Angkola Muaratais berhak menerima piala bergilir serta uang pembinaan dari Bupati Tapsel yang diserahkan kepada Camat Angkola Muaratais AM Fadhil Harahap.

Bupati Tapsel H. Syahrul M.Pasaribu, SH dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dan bekerja keras, sehingga kegiatan MTQN ke-52 ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses, ucap Syahrul.

Angkola Selatan sudah 10 tahun baru ini menjadi tuan rumah MTQ dan saya ingat pada tahun 2010 dilaksanakan MTQ tingkat kabupaten dilapangan kantor camat dan baru ini ada bangunan yang monumental untuk penyelenggaraan MTQ sejak kami memimpin pada tahun 2011 yang diawali bangunan monumental di Kecamatan Marancar hingga yang kesepuluh di Kecamatan Angkola Selatan, terang Syahrul.

Lanjut Syahrul, saya sampaikan kepada tuan-tuan guru bahwa saya akan berakhir di bulan Februari tahun 2021 dan sesungguhnya penyelenggaraan MTQ disetiap tahunnya sebagaimana arahan pemerintah provinsi agar pelaksanaan MTQ diselenggarakan antara bulan Januari, Februari dan Maret.

Mudah-mudahan saya masih bisa bersama untuk mengikuti penyelenggaraan MTQ ke-53 tahun 2021 dan kita akan cari jalan keluar yang Insya Allah nantinya dapat melahirkan qori dan qoriah terbaik dan sekaligus juga ada lapangan dan bangunan yang monumental seperti ini, harap Syahrul.

Diakhir sambutannya, Bupati menghimbau kepada masyarakat bahwasanya negara sekarang ini sedang resah atas penyebaran wabah virus corona, untuk itu mari kita mewaspadai akan penyebaran virus Corona dan tidak perlu panik, mari kita biasakan hidup bersih dan sehat. Kurangi aktivitas diluar rumah dan berdoa agar negeri kita dan khususnya Kabupaten Tapanuli Selatan terhindar dari virus Corona,” ajak Bupati.

Selanjutnya kepada para kafilah yang meraih peringkat pemenang dari seluruh cabang yang diperlombakan dalam MTQN ini, saya mengucapkan selamat dan sukses. “Kiranya para pemenang nantinya akan mampu membawa nama harum daerah Kabupaten Tapsel pada lomba MTQN baik ditingkat Provinsi, Nasional maupun Internasional,” harap Bupati dua periode itu.

Sebelumnya Pimpinan Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu dalam sambutannya mengatakan, saya sangat terkejut dengan penyelenggaraan MTQ kali ini, karena penerangan lampunya begitu terang seperti di Senayan, ungkapnya.

Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati, karena di periode beliau setiap penyelenggaraan MTQ telah banyak melahirkan lapangan dan bangunan yang monumental yang pertama di Kecamatan Marancar dan yang terakhir kesepuluh di Kecamatan Angkola Selatan ini, ucap Gus Irawan.

” Semoga dengan telah dibangunnya lapangan dan bangunan yang monumental ini kiranya dapat dipergunakan untuk kegiatan-kegiatan yang positif seperti kegiatan keagamaan, kemasyarakatan, kepemudaan dan kegiatan lainnya yang tujuan adalah untuk menjadikan generasi pemuda kita terhindar dari perbuatan yang tidak baik seperti penyalahgunaan narkoba yang saat ini sudah semakin meresahkan masyarakat.”

Pada kesempatan itu ada empat kafilah terbaik yang diberikan paket umroh gratis dari Bupati Tapsel yang pertama Irham Saputra Pulungan dari Kecamatan Angkola Selatan kategori terbaik satu pada cabang hifdzil qur’an 20 juz putra, kedua Khaira Ulfa Nasution dari Kecamatan Muara Batang Toru kategori terbaik satu pada cabang tafsiril qur’an bahasa Indonesia putri, ketiga MHD Sahban Simanjuntak dari Kecamatan Angkola Selatan kategori terbaik satu pada cabang hifdzil hadist 500 hadist putra, terakhir Balqis Nainggolan dari Kecamatan Batang Angkola untuk kategori terbaik satu pada cabang hifdzil hadist 500 hadist putri.

Setelah itu dilanjutkan dengan tarian konfigurasi yang dibawakan anak-anak pelajar SMP 1 dan SMP 2 Angkola Selatan, bertemakan tentang keindahan kebudayaan Tapanuli Selatan yang dikolaborasikan dengan musik dan tari sehingga tercipta kebersamaan, penampilan tersebut menjadi pusat perhatian masyarakat yang hadir, para pengunjung terhibur dengan penampilan mereka.

Penutupan MTQ dihadiri, Pimpinan Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu, Wakil Bupati Tapsel Aswin Efendi Siregar, Ketua dan anggota DPRD Tapsel, Kapolres Tapsel AKBP. Irwa Zaini Adib, Sekda Tapsel Parulian Nasution, Kakan Kemenag Tapsel, Ketua MUI Tapsel, Ibu Ketua TP. PKK Tapsel Ny. Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu, Wakil Ketua TP. PKK Tapsel, Ibu Ketua Dharma Wanita, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD, Kabag, Camat se-Kabupaten Tapsel, pimpinan Perusahaan, Perbankan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pimpinan Ormas dan OKP serta para Kafilah MTQN.Inc-Lin