Kadis Kominfo Asahan H Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos, MSi, saat Konfrensi Pers, di ruang kerjanya.foto/ist.

Asahan-Intainews.com : Untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran wabah virus Covid 19, Pemerintah Kabupaten Asahan telah bekerja bersama Forkopimda telah menggelar kegiatan gotong royong massal se- Kabupaten Asahan yang ada di 25 Kecamatan.

Hal itu disampaikan Pemerintah Kabupaten Asahan, melalui Kadis Kominfo H Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos, MSi, diruang kerjanya, Senin (16/03/2020) dihadapan puluhan awak media.

Selain itu, berbagai kegiatan yang sudah di agendakan seperti pameran pembangunan Asahan Expo dalam rangka menyambut semarak Hari Jadi Kabupaten Asahan ke 74 tahun 2020 digelar selama 3 hari.

hal itu dikarenakan untuk mengantisipasi wabah penyebaran virus Covid 19 atau Virus Corona yang saat ini sedang melanda sebagian Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan sebagian negara yang ada di belahan dunia ini .

“Pameran Asahan Expo menyambut Hari Jadi Kabupaten Asahan ke 74 kita gelar selama 3 hari saja. Mulai hari ini Senin (16/3) kita buka dan pada hari Rabu (18/3/2020) langsung kita tutup” ujar Rahmat.

“Biasanya pameran Asahan Expo kita laksanakan selama seminggu tiap tahunnya. Untuk tahun ini hanya kita gelar selama 3 hari saja”.terang Rahmat.

Mantan Kabag Humasy Pemkab Asahan  mengimbau kepada seluruh masyarakat agar dapat berprilaku hidup bersih dan sehat. Biasakan mencuci tangan pakai sabun dan cairan steril pencuci tangan, sebutnya.

Disamping itu pula kita juga telah melaksanakan instruksi Kapolri dengan membersihkan berbagai tempat dan daerah-daerah vital yang penuh keramaian.

Oleh karena itu, untuk mengatasi wabah virus Covid 19.Pemkab Asahan telah menginstruksikan sekolah- sekolah agar dapat menyediakan antiseptik cuci tangan disetiap sekolah sesuai SOP yang berlaku. Disamping itu, Kita sudah minta agar berbagai kegiatan dengan mobilisasi masa untuk sementara ditiadakan dan kita tunda dulu.

“Kita sudah minta agar kegiatan yang mobilisasi masa seperti kegiatan- kegiatan Pramuka dan Tari Gubang yang akan dilaksanakan untuk sementara ditunda dulu,bukan batal ya, kata Dayat.

” kita minta kepada rekan-rekan media agar dapat menyajikan berita dengan membuat suasana yang kondusif dan nyaman terkait penyebaran wabah virus Covid 19 atau virus Corona, ujarnya.

Apalagi lanjut Dayat.Tahun ini kita akan mengadakan pilkada langsung janganlah semuanya dipolitisir. Dan berbagai kegiatan pemerintahan yang rutinitas tiap tahunnya dijalankan, janganlah pula dicampur adukan dengan politik atau hal lainnya.

Terkait adanya isu penderita Covid 19 di Asahan. Dayat mengatakan sampai saat ini Pemerintah Kabupaten Asahan belum menerima laporan adanya warga penderita Covid 19,jelas Dayat.

Memang kemarin kita ada menerima laporan ada warga yang terkena dugaan Covid 19. Tapi itu tidak benar,warga tersebut baru pulang dari Bali namun mengidap penyakit lain yaitu bronkhitis bukan Covid 19 atau Corona ungkap Dayat.

Jika ada warga yang terkena virus Covid 19,Pemkab Asahan telah menyediakan ruang isolasi, dokter paru dan tenaga perawat medisnya. ” Penyebaran wabah Covid 19 sampai saat ini Kabupaten Asahan masih negatif dan suasana aman dan nyaman ” sebut Dayat mengakhiri. Inc- Ade.