Bupati Asahan H Surya, BSc, saat menghadiri pembekalan 45 Kepala Desa yang baru di lantik.foto/ist.

Asahan-Intainews.com : Bupati Asahan, H Surya BSc menghadiri pembekalan 45 Kepala Desa yang baru dilantik pada tanggal 18 Pebruari 2020. Acara dipusatkan di aula Hotel Marina Kisaran dengan thema “tingkatkan kinerja menuju Asahan yang religius, sehat, cerdas dan mandiri”, Senin (9/3/2020).

Bupati Asahan, H Surya dalam sambutannya menyampaikan dengan dilantiknya para Kepala Desa maka secara implisit sudah menyandang sebagai Pamong yang mengandung makna antara lain: memberikan pelayanan dengan mengedepankan kewajiban dari pada hak saudara sebagai peminpin di desa. Mengayomi secara adil seluruh masyarakat. Bekerja tanpa pamrih untuk melayani kepentingan masyarakat. Membina hubungan kerja yang baik dengan BPD, LPM, PKK, menjalin koordinasi aktif dengan berbagai pihak, organisasi dan lembaga kemasyarakatan lainnya. Menguasai administrasi Pemerintahan Desa, mentaati peraturan dan perundang undangan yang berlaku. Loyal terhadap atasan baik aparatur Kecamatan maupun aparatur Kabupaten.

Perjalanan yang saudara lewati sampai terpilih jadi Kepala Desa cukup panjang, saudara harus mampu melupakan segala intrik dalam proses Pilkades, jadikan itu sebagai motivasi dalam merangkul masyarakat untuk membangun desa masing masing. Kepada para nara sumber, Bupati berharap berikan pengetahuan kepada para Kepala Desa dengan menggunakan metode yang praktis dengan mengacu kepada peraturan dan perundang undangan yang berlaku.

“Hasil dari pelatihan ini saya harapkan dapat memunculkan pemimpin pemimpin desa yang mengerti tugas dan tanggung jawabnya, memahami segala peraturan yang menjadi pedoman dalam menjalankan tugas serta mampu menggerakkan seluruh potensi masyarakat menuju taraf hidup yang lebih baik, lebih sejahtera demi terwujudnya visi misi Pemkab Asahan yang religius, sehat, cerdas dan mandiri”, kata Bupati Surya.

Seementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Asahan, M Azmy Ismail MSi dalam laporannya menyampaikan pelaksanaan pembekalan ini dilaksanakan sesuai dengan Permendagri nomor 2 tahun 2015 pasal 6 ayat (1) berbunyi “calon Kepala Desa terpilih yang telah dilantik wajib mengikuti pelatihan awal masa jabatan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah Kabupaten/Kota”.

Tujuan pembekalan ini untuk memberikan pembinaan mental dan disiplin, hal ini perlu diberikan kepada para Kepala Desa terutama dalam penyampaian laporan realisasi penyerapan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang wajib disampaikan secara periodik. “Dengan pembekalan ini para Kepala Desa terpilih dapat pemahaman yang jelas tentang tugas dan kewajiban penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Perencanaan Pembangunan Desa, Pengelolaan Keuangan Desa dan Administrasi Pemerintahan Desa. Seusai pembekalan ini para Kepala Desa mampu menjalankan tugas dan mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat”, kata mantan Kadis Perkim.Inc-Ade.