Nagan Raya-Intainews.com : Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya paparkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) tahun 2019 dan Rencana Program Jangka Menengah (RPJM) tahun 2017-2022, acara tersebut berlangsung di Aula Dinas Kesehatan setempat, Rabu 29/01-2020

Dari semua target capaian yang dikemukan terdapat beberapa item kegiatan yang sudah mencapai angka 100% sisanya diangka sekitar 70-80%.

Kepala Dinas Kesehatan Nagan Raya, Hj. Siti Zaidar dalam paparannya menyampaikan ada beberapa program yang belum mencapai target pada tahun anggaran 2019 hal ini disebabkan masih adanya kendala dilapangan seperti sarana dan prasana kesehatan yang belum memadai dan juga tingkat kesadaran masyarakat untuk berobat yang belum maksimal.

Contohnya penyakit hipertensi banyak masyarakat masih enggan untuk mengecek kepusat-pusat kesehatan, dengan kondisi seperti itu Dinas Kesehatan mengalami kesulitan untuk mendeteksi penyakit yang dialami masyarakat saat ini.

Hanya beberapa jenis penyakit seperti DM yang sering dicek itupun karena penderita sudah merasakan efek dari penyakit yang dideritanya.

Meskipun demikian Dinas Kesehatan sudah berupaya maksimal dalam mengkampanyekan dan sosialisasi kepada masyarakat agar masyarakat sadar akan kesehatannya.

Dr. Sulasmi yang mewakili Kadis Pendidikan Aceh yang hadir pada saat itu dalam arahannya menyampaikan apresiasi kepada Dinas Kesehatan Nagan Raya yang menurutnya sangat bersemangat dan juga berani untuk memaparkan secara terbuka tentang capaian program Dinas Kesehatan.

“Ini patut dipuji mengingat saat ini banyak kepala SKPK yang masih belum berani menyampaikan SPM nya seperti yang dilakukan oleh Kadis Kesehatan Nagan Raya. Meskipun semua kinerja belum mencapai angka yang memuaskan, dan ia berjanji akan mendukung dan membantu Kabupaten Nagan Raya terutama dinas kesehatan terhadap program-programnya yang belum mencapai target,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Nagan Raya, H.M. Jamin Idham, SE pada saat menghadiri acara tersebut mengapresiasi terhadap capaian apa yang dipaparkan Dinas Kesehatan Nagan Raya.

“Ini menjadi contoh bagi instansi lainnya agar semua kegiatan terkontrol dengan baik, tujuannya untuk mengetahui program-program apa yang sudah maksimal maupun yang belum mencapai target, sehingga kedepan tau kepala SKPK yang harus diproritaskan terutama program-program yang belum mencapai targetnya,” katanya.

Pada kesempatan itu H.M Jamin Idham juga mengingatkan kepada semua Kepala Dinas, badan dan kantor agar melakukan pelayanan dengan baik, hal ini ia ungkapkan karena adanya isu yang beredar di tengah-tengah masyarakat terkait masih ada instansi yang kerjanya masih belum maksimal terutama instansi yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

Untuk itu kepada para kepala SKPK ia mengingatkan agar menyampaikan kinerja ASN yang sudah belum maksimal baik telat masuk maupun yang jarang masuk agar dapat dievalusi.

Hadir pada kesempatan itu, Bupati Nagan Raya, Perwakilan DPRK,, Para Asisten Para Kepala Dinas, Badan dan Kantor, mewakili Kadis Kesehatan Aceh, para camat, kepala puskesmas, PKK kecamatan, petugas pelayanan kesehatan lainnya.
Inc-Di2t