Ketua TP – PKK Asahan memotong pita disaksikan oleh Kepala Dinas Perkim saat menggeelar pogram Gebrak.foto/ist

Asahan-Intainews.com:Untuk merubah kawasan yang tidak terawat menjadi ruang publik yang ramah anak dan menjadikan tempat berinteraksi masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Asahan menggelar program Gerakan Berantas Kumuh (Gebrak) dengan pilot project kampung gebrak lingkungan ramah anak di Jalan Sultan Iskandar Gang. KH. Sabar Linhkungan. V Kelurahan Mutiara Kecamatan Kota Kisaran Timur, Sabtu (28/12).

Kegiatan yang dihadiri oleh Bupati Asahan, Ketua TP PKKAsahan, OPD, Camat Kota Kisaran Timur, Lurah Mutiara dan masyarakat bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya lingkungan yang tertata rapi dan tidak kumuh serta meningkatkan rasa kepedulian masyarakat untuk menangani kawasan permukiman kumuh agar lingkungan terjaga baik dan asri.

Kepala Dinas Perkim Kabupaten Asahan M. Azmy Ismail, AP, M.Si mengatakan bahwa program Gebrak ini adalah kerjasama antara Pemerintah Daerah melalui dana APBD Kabupaten, Pemerintah Provinsi melalui dana APBD Provinsi, Pemerintah Pusat melalui dana APBN,. Selain itu, pihak ketiga melalui dana CSR serta masyarakat melalui swadaya baik material maupun sumbangan tenaga, kata Azmy.

” Salah satu upaya untuk menciptakan ruang terbuka hijau sebagai ruang publik maka digagas “kampung gebrak” demi menciptakan rasa kepedulian dan membuat gerakan perubahan dalam penanganan kawasan permukiman kumuh. Kawasan kampung Gebrak juga diharapkan menjadi tempat berkumpul dan berinteraksinya masyarakat serta difasilitasi juga dengan area bermain untuk anak-anak “, harapnya.

Sementara itu, Bapak Jurin yang mewakili masyarakat Kelurahan Mutiara mengucapkan terima kasih kepada Bupati Asahan yang telah meresmikan kampung gebrak sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya yang ada di Kelurahan Mutiara. “Kami masyarakat Kel. Mutiara sangat berterima kasih kepada Bupati Asahan, di masa kepemimpinannya telah banyak membangun fasilitas, sarana dan prasarana di Asahan”, ujarnya.

Bupati Asahan H. Surya, B.Sc dalam sambutannya menyampaikan bahwa program Kampung Gebrak adalah merupakan salah satu realisasi atas visi misi Pemkab Asahan “mewujudkan Asahan yang Sehat” dengan menjadikan kawasan yang dulu kumuh menjadi kawasan yang bersih dan sejuk.

Surya berharap kepada masyarakat Kelurahan Mutiara agar dapat menjaga dan mengawasi Kampung Gebrak ini tetap terawat kebersihan dan keindahannya serta memberikan pengertian kepada anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan sekitar.

Diakhir sambutannya, Surya mengharapkan masyarakat untuk berperan aktif lewat jalinan komunikasi dan koordinasi dengan Pemkab Asahan dalam meningkatkan pembangunan di di Asahan. Bupati Asahan bersama dengan Ketua TP PKK secara resmi menggunting pita tanda diresmikannya Kampung Gebrek tersebut.Inc-ade.