Saeful Hadi

Medan-Intainews.com | Menjelang Natal dan Tahun Baru 2020, kebutuhan gas terutama pelanggan Rumah Tangga (RT) di wilayah kerja PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) di Medan, tidak ada masalah. Artinya stabil atau mencukupi.

Manager Area Medan PT PGN, Saeful Hadi (foto) mengatakan bagi PGN hari biasa atau hari-hari besar keagamaan stok gas, untuk kebutuhan pelanggan mengalir terus, sangat mencukupi

“Untuk total pelanggan di Medan jumlahnya sebanyak 24.900, ini merupakan realisasi sementara hingga November 2019, sedangkan target jumlah pelanggan ditetapkan selama tahun 2019 sebanyak 20.075 pelanggan,” katanya, Jumat (20/12/2019).

Kemudian sebanyak 24.900 pelanggan terdiri dari 23.983 rumah tangga (RT), 392 pelanggan kecil dan 134 pelanggan industri dan komersial.

“Sedangkan volume penjualan, target tahun 2019 sebesar 4.578.248, 84 MMBTUD, sedangkan realisasi penjualan sementara sebesar 4.658.323 MMBTUD. Kita optimis hingga akhir Desember tahun ini target itu dapat tercapai,” ujar Saeful.

Disebutkannya, potensi gas bumi sangat besar sekali dan kapasitas gas bumi PGN, saat ini mencukupi yakni 40-an MMFCMD per hari, sedangkan yang terjual 13,5 MMBTUD per hari. Gas bumi PGN, berasal dari Pangkalan Susu sekitar 40 % dan Lhokseumawe 60 % dan kedua sumber gas ini dipertemukan di Belawan.

“Untuk di mall jumlah pelanggan hampir seluruh mal di Medan sudah menjadi pelanggan PGN Medan, seperti Sun Plaza, Thamrin Plaza, Cambridge Plaza, Plaza Medan Fair, Lippo Mall, dan lainnya,” katanya.

Dikatakannya, pihak industri sudah mengetahui penggunaan bahan bakar gas bumi lebih menguntungkan dan aman bila dibandingkan dengan bahan bakar lainnya.

“Bukan hanya di Medan, tapi hampir semua pusat pembelanjaan di Indonesia yang ada PGN, lebih memilih menggunakan gas bumi bila dibandingkan dengan bahan bakar lain, karena lebih aman dan murah,” ujarnya. *inc-mgl