Medan-Intainews.com | Tim evaluasi Desa/Kelurahan Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (PT.P2WKSS) Provinsi Sumatera Utara melakukan evaluasi penilaian terhadap Kelurahan Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal, Kamis (28/11). Kehadiran tim yang diketuai oleh Ny. Mahreni Aspan Sofyan bersama dengan rombongan disambut langsung oleh Plt. Ketua TP. PKK Kota Medan, Ny. Hj. Nurul Khairani Akhyar bersama dengan Camat Medan Sunggal, Indra Mulia,S.Sos,M.Si, Ketua TP PKK Kecamatan Medan Sunggal, Ny.Mariance, serta Lurah dan Ketua TP PKK Kelurahan Sunggal. Camat Medan Sunggal, Indra Mulia,S.Sos,M.Si dalam sambutan selamat datangnya mengucapkan selamat datang kepada tim penilai di Kel. Sunggal dalam rangka kegiatan evaluasi Kelurahan percontohan PKK PT.P2WKSS untuk tahun 2019 yang rutin dilaksanakan setiap tahunya guna mengukur sejauh mana peningkatan kualitas hidup perempuan pada aspek pendidikan, kesehatan dan daya beli terutama bagi keluarga miskin di kelurahan. Program terpadu peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat sejahtera ini, sebut Indra Mulia merupakan salah satu peranan wanita dalam pembangunan, sebagai upaya untuk mengembangkan sumber daya manusia dan sumber daya alam (SDM/SDA) menuju terwujudnya keluarga sehat sejahtera dan bahagia.

“Karena itu melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas sikap dan prilaku perempuan dalam pengembangan potensinya.”sebut Indra Mulia. Lebih lanjut Indra Mulia mengatakan program terpadu P2WKSS ini menyasar perempuan dengan tingkat kesejahteraan masuk dalam kategori keluarga miskin, keluarga pra sejahtera dan keluarga sejahtera tahap satu. Namun Indra juga menyadari bahwa kesuksesan program ini tidak hanya semata untuk mengejar pencapaian prestasi sendiri, melainkan juga untuk mencapai tujuan yang lebih luas yaitu mendukung upaya pemberdayaan perempuan yang telah menjadi bagian dari pencapaian tujuan pembangunan millenium development goals (MDGS) dan program PT.P2WKSS ini menjadi program wajib bagi Kecamatan dan Kelurahan agar bisa bermanfaat untuk masyarakat.

“Itu yang membuat kita semua yang ada di kota Medan memandang penting pelaksanaan program terpadu PT.P2WKSS ini.”kata Indra Mulia. Diakhir sambutanya Indra Mulia berharap Kelurahan Sunggal pada evaluasi kali ini nantinya dapat memberikan hasil yang terbaik “untuk itu tunjukan hasil terbaik, semoga hasil evaluasi ini kita dapat mengharumkan nama kota Medan untuk maju ke tingkat nasional.”harap Indra Mulia. Sementara itu ketua Tim penilai Ny. Mahreni Aspan Sofyan mengatakan kunjungan ini dalam rangka pelaksanaan evaluasi terhadap desa dan kelurahan TP.P2WKSS tahun 2019. Mahreni Aspan Sofyan menyebutkan pembinaan TP.P2WKSS terhadap desa dan kelurahan merupakan salah satu strategi pemberdayaan masyarakat yang dimulai dari pemberdayaan keluarga, karena keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat. Oleh karena itu pemberdayaan masyarakat harus dimulai dari keluarga.

“Apabila keluarga telah berdaya maka berdaya pula lah masyarakat, dan apabila masyarakat telah berdaya maka mereka dapat menghadapi apapun masalah yang ada sehingga terwujud la masyarakat yang sejahtera dan mandiri.”kata Mahreni Aspan Sofyan. Disamping itu, lanjut Mahreni Aspan Sofyan lagi tujuan dari evaluasi ini ialah guna melihat sejauh mana keberhasilan TP. PKK Kab/Kota, Kecamatan dan Kelurahan dalam menerapkan program TP.P2WKSS ini sehingga dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat sekaligus juga untuk melakukan koordinasi antara TP PKK Provinsi dengan TP PKK yang ada di daerah agar menyatukan persepsi tentang berbagai upaya dalam peningkatan kesejahteraan keluarga miskin, rawan ekonomi, pendidikan, kesehatan serta sarana dan prasarana lingkungan dan tempat tinggal dengan tujuan mempercepat peningkatan kesejahteraan penduduk miskin di desa maupun kelurahan. Untuk itulah Mahreni Aspan Sofyan menyampaikan apresiasi kepada kelurahan Sunggal atas keberhasilannya dalam menerapkan program terpadu ini, dirinya berharap seluruh jajaran pengurus TP. PKK mulai dari tingkat Kota hingga Kelurahan dapat melaksanakan program ini secara berkelanjutan.

“Saya optimis program ini akan berjalan dengan baik apabila jajaran TP PKK beserta tim pembina TP PKK memiliki keseriusan dan ketulusan hati untuk melakukan pembinaan dan pemberdayaan terhadap masyarakat dan kelompok binaan PT.P2WKSS.”yakinnya. Dalam kunjungan ini juga di isi dengan ekspose dari Lurah Sunggal, Rinaldi Sahputra Siagian dan Ketua TP PKK Kel. Sunggal tentang kegiatan yang sudah dilakukan Kelurahan Sunggal. Selanjutnya juga dilakukan penyerahan tumbler (tempat minum isi ulang) dari Plt Ketua TP PKK Kota Medan, Ny. Nurul Khairani Akhyar kepada pengurus PKK Kecamatan dan Kelurahan yang hadir sebagai bentuk dukungan terhadap Pemko Medan dalam mengurangi pengguna plastik sekali pakai sebagai wadah minuman. * inc-mgl