Wakil Walikota Medan Akhyar Nasutin memimpin rakor mengatasi banjir

Medan-Intainews.com:Sebagai upaya mengatasi genangan air maupun banjir di sejumlah kecamatan di Kota Medan, Pemko Medan menggelar Rapat Koordinasi [Rakor] pembahasan konektivitas drainase yang berhubungan dengan jalan dan lintasan rel kereta api [KA] di Balai Kota Medan, Kamis 17 Oktober 2019.

Sebagaimana diketahui, sejumlah drainase yang terkoneksi langsung dengan jalan maupun lintasan kereta api ditengarai sebagai pemicu terjadinya genangan air [banjir] maupun banjir. Rapat dipimpin Wakil Walikota Akhyar Nasution didampingi Kepala Bappeda Kota Medan Irwan Ritonga.

Akhyar mengungkapkan ada 6 kecamatan di Kota Medan yang menjadi langganan banjir akibat drainase yang terkoneksi langsung dengan jalan negara, jalan tol serta perlintasan kereta. Pasalnya, diameter gorong-gorong atau box culvert yang berada di bawah jalan maupun lintasan kereta api sangat kecil sehingga tidak mampu menampung debit air saat hujan deras turun.

“Akibatnya terjadi back water sehingga air menggenangi wilayah sekitarnya. Untuk mengatasinya, gorong-gorong ataupun box culvert yang ada di bawah jalan maupun lintasan kereta api harus dibesarkan lagi. Selain melancarkan jalannya air, tentunya juga untuk mempermudah dilakukannya pembersihan,” kata Wakil Walikota.

Usai pemaparan masing-masing perwakilan stakeholder yang hadir menyatakan siap mendukung upaya Pemko Medan. Apa yang menjadi masalah dan solusi mengatasinya segera disampaikan kepada pimpinan untuk ditindaklanjuti. * Inc-03