Dirut PD Pasar Kota Medan, Rusdi Sinuraya [kanan] meletakkan batu pertama revitalisasi Pasar Timah

Pasar adalah ‘Rumah Pedagang’ dan Pasar Timah terpanjang di Kota Medan.

Medan-Intainews.com:Melalui jalinan silatuhrahmi yang ditanamkan Dirut PD Pasar Kota Medan Rusdi kepada para pedagang Pasar Timah Medan yang begitu harmonis, terlihat saat Rusdi Sinuraya mewakili Walikota Medan melakukan peletakan batu pertama revitalisasi Pasar Timah Medan, Jumat 11 Oktober 2019.

Para pedagang kelihatan bersatu dengan karyawan PD Pasar demi terlaksananya acara peletakan batu pertama. Pada kesempatan tersebut, Rusdi Sinuraya bersama pengembang revitalisasi Pasar Timah David Sulaiman Tan memberikan bantuan tali asih finansial kepada 50 anak yatim piatu asuhan Al Jamiayatul Washliyah.

Juga memberikan bantuan sembako kepada kaum duafa masyarakat sekitar Pasar Timah. Di acara peletakan batu pertama tersebut, David Sulaiman Tan sebagai pengembang mengucapakan terima kasih kepada Walikota Medan Dzulmi Eldin, Dirut PD Pasar Kota Medan Rusdi Sinuraya dan Ketua DPRD Medan Hasyim.

Rusdi Tempat Mengadu

“Berkat aspirasi Pemerintah Kota Medan, Dirut PD Pasar Kota Medan berserta Ketua DPRD Medan, revitalisasi Pasar Timah terealisasi,” kata David Sulaiman. Dengan demikian, jelas David, Pasar Timah adalah pasar tradisional yang setelah direvitalisasi menjadi pasar modern.

“Semoga revitalisasi Pasar ini sukses, dan kita akan jadikan pasar ini sebagai ikon Kota Medan. Sebab setelah direvitalisasi Pasar Timah menjadi pasar terpanjang di kota Medan,” ucap David Tan. Berikut Kepala Persatuan Pedagang Ahmad, mengucapkan rasa syukur atas peletakan batu pertama Pasar Timah.

Melalui jalinan silatuhrahmi, lanjut Ahmad, serta kesepakatan antara pedagang dan Dirut PD Pasar Kota Medan, revitalisasi Pasar Timah ini terealisasi. ”Hal ini berkat kedekatan pedagang dengan Dirut PD Pasar. Rusdi dijadikan tempat mengadu dan keluh kesah para pedagang. Rusdi mau mendengarkan aspirasi para pedagang, sehingga revitalisasi terlaksana,” tutur Ahmad.

Membagikan Surat Izin Usaha

Rusdi Sinuraya menyebutkan sangat mengapresiasi suara dan keinginan para pedagang, serta pengembang untuk merevitalisasi Pasar Timah agar segera terwujud. Hari ini, ungkap Rusdi, untuk para pedagang Pasar Timah berbahagia sebab perjalanan panjang selama enam tahun menunggu revitalisasi pasar, baru saat ini terwujud.

“Pembangunan revitalisasi Pasar Timah ini semuanya untuk pedagang pasar Timah dengan mengutamakan kenyamanan, kerapian, keindahan, kebersihan sebagai bentuk pelayanan untuk mendatangkan pembeli. Karena Pasar Timah ini adalah ‘Rumah Pedagang,’ tutur Rusdi.

Diingatkannya, kita tidak bisa melupakan hitoris sejarah pasar ini, karena pasar ini sudah berdiri 50 tahun dan melayani masyarakat Kota Medan dalam hal perdagangan.
Pasar Timah ini terdiri dari kios dan stand sejumlah 332.

Selain itu, juga pasar ini dapat dijadikan pasar wisata untuk mencari pernak-pernik kerajinan, dan kuliner Kota Medan. Di saat yang sama Rusdi juga membagikan Surat Izin Usaha kepada pedagang guna dijadikan pegangan para pedagang untuk berjualan di Pasar Timah setelah revitalisasi selesai.

Rusdi juga memberikan cinderamata berupa plakat kepada Ketua Persatuan Pedagang Pasar Timah, Ahmad. Cinderamata ini sebagai ungkapan rasa simpatik terhadap kepeduliannya terkait pedagang Pasar Timah. Penyerahannya disaksikan muspida dan para undangan lainnya. *Inc-03