Dirut PD Pasar Medan Rusdi sinuraya, menjelaskan soal Pasar Aksara kepada Presiden Joko Widodo

“Presiden Joko Widodo [Jokowi] sudah menerbitkan Keputusan Presiden [Kepres] No 64 Tahun 2018.”

Medan-Intainews.com:Pasar Aksara yang terbakar bulan Juli 2016 segera dibangun di Jalan Masjid Medan. Saat ini memasuki proses penyusunan detail bangunan dilakukan Balai Sumut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat [PUPR].

Informasi dihimpun Intainews.com, Jumat 11 Oktober 2019, Dirut Perusahaan daerah [PD] Pasar Medan Rusdi Sinuraya memastikan para pedagang eks Pasar Aksara yang terbakar mendapat tempat berdagang.

“Kita pastikan para pedagang akan mendapatkan tempat di pasar yang segera dibangun di Jalan Masjid. Kita harapkan penyusunan detail selesai bulan November ini,” kata Rusdi Sinuraya.

Setelah itu, lanjut Rusdi, Kementerian PUPR melakukan lelang proyek pada Desember 2019. Diharapkan Januari dan Februari sudah dimulai pekerjaan fisik bangunan Pasar Aksara yang baru di Jalan Masjid, sekitar 200 meter dari eks Pasar Aksara yang terbakar.

Menurut Rusdi Sinuraya, pembangunan Pasar Aksara menyahuti pernyataan Ketua DPRD Medan Hasyim yang meminta Pemerintah Kota Medan mengakomodir pedagang eks Pasar Aksara. Ketua DPRD Medan itu meminta Pemko Medan tidak menunda-nunda pembangunan Pasar Aksara di lokasi yang baru.

Perhatian Walikota Medan

“Kita tidak ingin nasib pedagang sengsara. Jadi Pemko perlu mempercepat pembangunan Pasar Aksara yang baru,” tegas Hasyim saat menerima audiensi pengurus Persatuan Pedagang Pasar Tradisional Sumatera Utara di di DPRD Medan.

Rusdi mengimbau kepada para pedagang yang berada di penampungan sementara di Terminal Aksara dan pasar-psar terdekat seperti Pasar Halat, Bakti, Sukaramai dan Sentosa Lama diminta bersabar.

“Presiden Joko Widodo [Jokowi] juga sudah menerbitkan Keputusan Presiden [Kepres] No 64 Tahun 2018. Saat Presiden meninjau puing Pasar Aksara yang terbakar 17 November 2017 Presiden. Jokowi menyebut segera dibangun agar pedagang dapat kembali berdagang,” ungkap Rusdi Sinuraya.

Rusdi menyebut sebanyak 819 pedagang Pasar Aksara tidak perlu lagi khawatir karena akan tertampung semuanya di lokasi yang baru. “Apalagi perhatian Walikota Medan terhadap pedagang sangat besar dan serius. Jadi sekali lagi kita minta pedagang bersabar,” tukas Rusdi. * Inc-03