Gubsu Edy Rahmayadi [pakai topi] bersama Ny Hj Rita Maharani Eldin [pakai kacamata hitam] mengamati makanan yang dipamerkan

“Saya tidak mau ada acara seremonial seperti ini. Kita harus membahas bagaimana meningkatkan pangan dan pertanian di Sumut,” kata Gubsu Edy Rahmayadi.

Medan- Intainews.com:Kota Medan juara pertama Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman [B2SA] tingkat Provinsi Sumatera Utara [Sumut] kategori produk olahan pangan lokal komersial yang digelar memperingati Hari Pangan Sedunia [HPS] ke-39 dan Peringatan Hari Krida Pertanian [HKP] ke-47 Tingkat Provinsi Sumut di Lapangan Merdeka Medan, Rabu 9 Oktober 2019.

Sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan Kota Medan tersebut, Gubsu Edy Rahmayadi didampingi Ketua TP PKK Sumut Hj Nawal Lubis Edy Rahmayadi dan Wakil Ketua TP PKK Sumut Ny Sri Ayu Muhari Musa Rajekshah memberikan hadiah berupa tropi kepada Ketua TP PKK Kota Medan Ny Hj Rita Maharani Eldin.

Penyerahan hadiah disaksikan Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto SIK beserta sejumlah Bupati dan Walikota se-Sumut. Keberhasilan itu selanjutnya didedikasikan Ny Hj Rita Maharani kepada seluruh pengurus dan anggota TP PKK Kota Medan, termasuk warga Kota Medan yang selama ini mendukung penuh seluruh kegiatan program PKK.

Dijelaskan Rita, kerja keras yang dilakukan selama ini membuahkan kita berhasil keluar sebagai juara pertama Festival Pangan Lokal Provinsi Sumut Kategori Paket Lunchbox B2SA. Meski demikian sebaiknya tidak cepat membuat kita langsung berpuas diri.

“Saya tidak mau ada acara seremonial seperti ini. Kita harus membahas bagaimana meningkatkan pangan dan pertanian di Sumut. Dengan memiliki lahan yang sangat luas, saya optimis Sumut dapat menghasilkan surplus beras yang bermanfaat, termasuk mengirimkan ke provinsi lain di Indonesia,” ungkap Gubsu Edy Rahmayadi.

Selain beras, menurut Edy, dia juga optimis hasil pertanian lainnya di Sumut seperti jagung, cabai merah, wortel, tomat, kentang dan ubi kayu juga bisa surplus jika dikelola dengan sebaik-baiknya. “Kita punya potensi, jika dikelola dengan baik hasilnya bisa berlimpah sehingga Sumut dapat surplus,” jelasnya. *Inc-03