Bogor-Intainews.com:Pemerintah Kota Medan [Pemko] kembali mendapatkan penghargaan Natamukti 2019 dari Kementrian Koperasi dan Usaha kecil Menengah [UKM] RI. Penghargaan ini diterima Walikota Medan Dzulmi Eldin [foto] tiga tahun berturut-turut, karena dinilai berhasil dalam mendorong sekaligus memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah [UMKM] di Kota Medan.

Penghargaan ini merupakan hasil kerjasama Menkop & UKM dengan International Council for Small Buniness [ICSB], diserahkan Sekretaris Menkop dan UKM RI Prof Dr H Rully Indrawan MSi dan didampingi Chairman ICSB Hermawan Kartajaya kepada Walikota Medan di Institut Pertanian Bogor [IPB] Convention Centre Jalan Padjajaran, Kota bogor, Senin 7 Oktober 2019.

Pemko Medan dari tahun 2017, 2018 dan 2019 meraih penghargaan ini. Menurut Chairman ICSB Indonesia Hermawan Kartajaya, penentuan penerima Penghargaan Natamukti melalui proses panjang. Dimulai dari riset yang dilakukan tim ICSB dari berbagai daerah, yang kemudian dilanjutkan dengan diverifikasi di lapangan oleh tim ahli ICSB.

Setelah melalui penilaian yang dilaksanakan tim ahli ICSB, akhirnya terpilih sejumlah Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, termasuk Kota Medan untuk menerima Penghargaan Natamukti. Ada tiga kategori Penghargaan Natamukti yang diberikan yakni Natamukti, Natamukti Nindya Ganapravara dan Natamukti Nindya.

Untuk Kota Medan, kategori yang diterima Penghargaan Natamukti sebagai bentuk apresiasi pemerintah atas keberhasilan Kota Medan dalam upaya memasarkan produk UMKM daerah. Kemudian mendorong peningkatan kualitas produk serta berkomitmen penuh dalam membangun ekosistem UKM di daerahnya.

Usai menerima Penghargaan Natamukti 2019, Dzulmi Eldin mengucapkan terima kasih dan mengatakan, penghargaan Natamukti 2019 tidak terlepas dari kerja keras dan dukungan penuh serta komitmen dari semua pihak dalam memajukan dan mengembangkan UMKM di Kota Medan.

“Keberhasilan ini kita dijadikan spirit untuk terus melayani dan membina seluruh pelaku UMKM yang ada di Kota Medan, agar mampu meningkatkan kualitas produk dan penguatan ekosistem UMKM, sehingga mampu memasarkan produknya hingga ke seluruh Indonesia, bahkan mancanegara,” papar Walikota. *Inc-03