Dirut PD Pasar, Rudi Sinuraya [baju putih] memberi keterangan kepada wartawan terkait revitalisasi pasar

“Sekarang ini tidak ada pemaksaan kehendak. Kami melihat kebijakan yang diambil jajaran PD Pasar dan pimpinannya benar-benar membela pedagang.”

Medan-intainews.com:Tidak sedikit dari para pedagang yang mengapresiasi kinerja Direktur Utama [Dirut] PD Pasar Kota Medan, Drs Rusdi Sinuraya. Langkah-langkah persuasif serta komitmennya untuk kepentingan para pedagang sudah tidak diragukan.

Sunarti, satu dari 322 pedagang pasar yang direlokasi menyusul adanya program revitalisasi Pasar Timah tersenyum dan mengucapkan terima kasih kepada Dirut PD Pasar Kota Medan, setelah adanya jaminan mendapatkan kios dari Dirut setelah Pasar Timah Medan rampung Direvitalisasi

Alhamdulillah. Terimakasih banyak Pak Dirut. Selama ini kami belum ada kepastian mendapat tempat berjualan. Sekarang begitu selesai pasar, kami dijamin dapat lapak berjualan. Kami tahu persis, Dirut PD Pasar yang sekarang sangat komitmen membela pedagang tradisional. Terima kasih Pak Rusdi Sinuraya,” ungkap Sunarti, mengaku sudah lebih 25 tahun berdagang di pasar Timah.

Memang, pedagang merasakan berkat kerja keras PD Pasar Medan, Drs Rusdi Sinuraya, relokasi Pasar Timah terwujud. Dengan ketekunan dan keyakinan bekerjasama dengan pedagang, akhirnya program revitalisasi Pasar Timah Medan yang telah melalui proses panjang dan melelahkan membuahkan hasil.

Langkah awal merevitalisasi pasar lewat relokasi 332 pedagang sudah dimulai. Sedang sebelumnya. Proses revitalisasi Pasar Timah sempat terkatung-katung selama lebih 5 tahun.

Berkat kepiawaian dan kerja keras Rusdi Sinuraya bersama jajarannya yang tak kenal bosan mensosialisasikan dan melobi pihak terkait, di antaranya pengelola pasar, para pedagang dan kuasa hukumnya, akhirnya revitalisasi dapat segera dimulai.

“Baru kali inilah,…”

Semua yang menyangkut kepentingan pedagang dibahas dalam diskusi antara pedagang, pengelola pasar dan kuasa hukum pedagang di Pasar Timah. Dengan pendekatan persuasif, tidak sedikit para pedagang yang mengapresiasi kinerja Dirut PD Pasar Kota Medan, Rusdi Sinuraya.

Sunarti meyakini, kebijakan yang diambil Dirut PD Pasar Kota Medan Rusdi Sinuraya semata-mata untuk kepentingan pedagang. Itulah yang membuatnya tak ingin berlama-lama pindah.

Keyakinan Sunarti timbul setelah PD Pasar memenuhi tuntutan pedagang lewat surat perjanjian yang dilakukan secara tertulis dan ditandatangani Dirut PD Pasar Rusdi Sinuraya dan kuasa hukum pedagang Asril Siregar.

Maka secara hukum, pedagang Pasar Timah tetap memiliki hak di pasar yang baru. Senanda, Sulastri, yang juga pedagang di pasar tersebut mengapresiasi kebijakan Dirut PD Pasar Medan yang memberikan jaminan mendapatkan lapak di Pasar Timah yang baru.

Karenanya, ia dan ratusan pedagang lainnya tidak keberatan direlokasi ke penampungan sementara. “Cara-cara persuasif yang dilakukan PD Pasar kami anggap sebagai bentuk penghargaan kepada pedagang. Kami hanya ingin dihargai saja sebagai pedagang kecil. Jadi tidak ada pedagang yang keberatan direlokasi,” tutur Sulastri.

Pedagang yang berdagang bunga itu menceritakan, baru kali ini proses relokasi pedagang Pasar Timah berjalan lancar Berbeda dengan relokasi sebelumya yang selalu menimbulkan masalah, karena kebijakan diambil tidak sesuai dengan keinginan pedagang.

“Sekarang ini tidak ada pemaksaan kehendak. Kami melihat kebijakan yang diambil jajaran PD Pasar dan pimpinannya benar-benar membela pedagang. Baru kali inilah pedagang tidak protes dipindahkan ke tempat penampungan sementara,” jelasnya.
Untuk Kepentingan Pedagang

Diketahui, Dirut PD Pasar Medan Rusdi Sinuraya sadar betul gejolak hati yang dirasakan pedagang terkait relokasi sementara. Menurut Rusdi, ini juga bagian dari rencana Allah Swt untuk menjawab persoalan pedagang pasar tradisional.

“Mungkin saja di tempat penampungan sementara adalah bagian dari ujian yang diberikan Allah Swt. Lagi pula hanya enam bulan. Saya minta pedagang bersabar dulu. Karena Allah beserta orang-orang yang sabar,” ujar Rusdi didampingi Direktur Operasional [Dirop] PD Pasar, Dr Yonny Anwar MSi, Dirbang PD Pasar Medan, Aripin Rambe SE dan Tamba dari Satpol PP Medan di Pasar Timah.

Rusdi Sinuraya menyebutkan pada dasarnya program revitalisasi Pasar Timah yang digagas Pemerintah Kota Medan murni untuk kepentingan pedagang. Karena itu, PD Pasar Kota Medan selaku pelaksana revitalisasi tetap konsisten untuk mengemban amanah demi kepentingan para pedagang. *Inc-03