Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution ketika berdialog dengan salah satu stand industri

“Hari pertama digelar sudah 3.000 pelamar kerja yang mendaftar secara online. Hari ini lebih banyak lagi.”

Medan-Intainews.com:Sejumlah 20 perusahaan mengikuti Job Fair Kota Medan 2019 yang diselenggarakan Pemko Medan melalui Dinas Tenaga Kerja Kota Medan di halaman kantor dinas yang menangani tenaga kerja di Kota Medan tersebut, Jumat 27 September 2019.

Dari 20 perusahaan yang ikut Job Fair, ada 701 posisi yang ditawarkan bagi para pencari lapangan kerja. Event yang berlangsung 27-28 September dibuka Wakil Walikota Akhyar Nasution mewakili Walikota, mengharapkan Job Fair dapat membuka lapangan kerja baru sehingga mengurangi angka pengangguran di Medan.

Adapun 20 perusahaan yang mengikuti Job Fair yang menawarkan 201 posisi, yakni PT Mahkota Group, Wilmar Group, Permata Hijau Group, Asian Agri, PT Industri Karet Deli, PT Universal Indofood Product, PT Musim Mas, PT Graha Santika Dyandra, Grand Aston City Hall Medan, Universitas Al Azhar.

Berikut Sardana Indah Berlian Motor, NTU Academy, PT Maybank Indonesia, Oub Khan Hian Sekuritas, PT Duta Wibawa Manda Putra, PT Sahara Fajarindo Corp, PT Sumatera Sarana Sekar Sakti, PT Murni Sadar, PT Royal Prima dan PT Tempo.

Sasaran yang ingin dicapai melalui Job Fair , kata Akhyar, terciptanya penyelenggaraan pembangunan bidang ketenagakerjaan, sehingga meningkatnya jumlah tenaga kerja yang produktif dan berkualitas dalam hubungan kerja harmonis dan saling menguntungkan.

Akhyar juga menyebut, seluruh perusahaan yang ada di Kota Medan dapat menyediakan dan menginformasikan lowongan pekerjaan. Untuk mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan. Tentunya perusahan menetapkan persyaratan dan melakukan seleksi.

Kadis Ketenagakerjaan Kota Medan Hannalore Simanjuntak menyebut, Job Fair merupakan kerjasama Pemko Medan dengan Kementrian Tenaga Kerja RI. “Tujuannya memberikan informasi lowongan pekerjaan, mempertemukan antara pencari kerja dan pemberi kerja. Serta mengurangi angka pengangguran sekaligus meningkatkan taraf sosial ekonomi pencari kerja,” jelas Hannalore.

Diungkapkannya, hari pertama Job Fair digelar sudah 3.000 pelamar kerja yang mendaftarf secara online. Dia optimis jumlah ini akan terus meningkat hingga Sabtu 28 September 2019. *Inc-03