Bupati Tapsel Syahrul saat membuka lomba makanan bergizi

Juara I lomba menu B2SA kategori lunch box Kecamatan Angkola Timur. Juara I kategori produk olahan pangan lokal komersial Kecamatan Arse.

Tapsel-Intainews.com:Bupati Kabupaten Tapanuli Selatan [Tapsel], Sumatera Utara, H Syahrul M Pasaribu membuka Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman [B2SA] tingkat Tapsel tahun 2019 di Balai Sarasi rumah dinas Bupati Tapsel, Jalan Prof Lafran Pane, Sipirok, Rabu 28 Agustus 2019.

Menurut Bupati Tapsel, banyak hal yang ingin diraih dari lomba ini, antara lain bagaimana mengubah sikap mental kita terutama di Indonesia khususnya di Tapanuli Bagian Selatan, yang selama ini selalu makan nasi sebanyak-banyaknya yang penting kenyang.

“Tanpa melihat gizinya. Padahal sejauh mungkin negara-negara maju tidak tergantung hanya kepada nasi karena dari segi kesehatan tidak selamanya nasi itu memberikan kesehatan. Karena banyak mengkonsumsi nasi akan berdampak terindikasi penyakit diabetes,” ungkap Syahrul.

Kadis Ketahanan Pangan Tapsel, Efrida Yanti Pakpahan menyebutkan, lomba cipta menu B2SA juga akan memberikan manfaat positif dalam memberikan informasi tentang pentingnya mengkonsumsi pangan bergizi dan seimbang.

Peserta yang mengikuti Lomba Cipta Menu B2SA Tapsel ini terdiri dari dua orang perwakilan kecamatan, anggota KWT Dasa Wisma, PKK Kecamatan, PKK Desa dan Produsen Produk Olahan. Pemenang lomba cipta menu B2SA dengan kategori lunch box, juara I Kecamatan Angkola Timur.

Berikut juara II Kecamatan Batang Angkola dan juara III Kecamatan Angkola Muaratais. Sebagai juara harapan I Kecamatan Angkola Sangkunur, juara harapan II Kecamatan Angkola Selatan dan juara harapan III Kecamatan Aek Bilah.

Untuk kategori produk olahan pangan lokal komersial juara I Kecamatan Arse, juara II Kecamatan Batang Toru dan juara III Kecamatan Marancar. Juara harapan I Kecamatan Sipirok, juara harapan II Kecamatan Muara Batang Toru dan juara harapan III Kecamatan Saipar Dolok Hole. * Inc.16.