Dana Kelurahan & Ridho Nasution

Medan-Intainews.com:Sejumlah 151 kelurahan di kota Medan, masing-masing mendapat jatah dana kelurahan Rp 656 juta lebih. Dana Kelurahan diharapkan tidak menjadi ajang korupsi. Di Tahun 2019 ini, Pemko Medan mendapat Dana Kelurahan
Dana Alokasi Umum [DAU)] dari pemerintah pusat.

Nilainya sebesar Rp 53,2 miliar lebih. Ditambah lagi dengan dana pendamping dari APBD Pemko Medan senilai Rp 46 miliar lebih dan total keseluruhan sekitar Rp 99,2 miliar lebih.

Ke depan Dana Kelurahan diharapkan bertambah dan berkelanjutan sehingga pembangunan di Kota Medan semakin baik. Guna memaksimalkan penggunaan anggaran Dana Kelurahan untuk pembangunan infrastruktur di kota Medan Tahun 2019, Pemko Medan sedang melakukan persiapan SDM bagi pengguna anggaran, mulai pembinaan hingga sistem kerjanya.

Terhindar Silpa

Menurut Kabag Tata Pemerintahan [Tapem] Pemko Medan M Ridho Nasution saat ditanya wartawan di gedung DPRD Medan, Senin 22 Juli 2019 terkait dana kelurahan mengatakan, pihaknya sedang melakukan perekrutan tenaga SDM dalam pengerjaan proyek di tingkat kelurahan.

“Saat ini kita memfasilitasi keseragaman teknis pelaksanaan di lapangan. Kita akan berusahan semaksimal mungkin agar program tersebut berjalan baik. Kita harapkan Camat dan Lurah supaya tetap berkordinasi degan kita sehingga pelaksanaannya segera terealisasi,” ujar Ridho.

Dijelaskannya, hingga saat ini belum ada pihak Kelurahan yang telah melaksanakan proyek tersebut. Sebab, Menurut Ridho, berhubung Pemko Medan baru yang pertama kalin mendapatkannya maka butuh kehatihatian. Namun kata Ridho pihaknya berusaha agar pengerjaan secepatnya dan terhindar Silpa. *Inc-03