Medan-Intainews.com:Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution [foto] berharap kepada seluruh sekolah untuk menanamkan karakter peduli lingkungan dan kebersihan kepada para siswanya, sehingga bertanggung jawab penuh terhadap sampah yang mereka hasilkan.

Harapan ini disampaikan langsung saat memimpin rapat bersama seluruh kepala sekolah [Kepsek] SD baik negeri maupun swasta di Kota Medan di Balai Kota Medan, Selasa 16 Juli 2019. Kebersihan, katanya, harus menjadi kultur bagi warga Kota Medan. Caranya mewujudkan dan menanamkan karakter peduli kebersihan sejak dini kepada anak usia sekolah.

Dimulai dari PAUD, SD dan SMP karena masih wewenang Pemko Medan menanganinya. Sedangkan siswa SMA kini menjadi wewenang Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. “Mari kita latih anak didik kita untuk bertanggung jawab terhadap sampah yang dia hasillkan,” kata Akhyar berulang-ulang.

Menurutnya, mengatasi persoalan sampah merupakan pekerjaan yang sifatnya long live atau sepanjang hidup. Oleh karenanya sangat dibutuhkan upaya penanaman karakter peduli kebersihan sejak dini sehingga dimana pun berada dan kapan pun waktunya selalu menjaga kebersihan karena telah menjadi kultur. *Inc-03