Petugas Satpol PP saat mulai menghancurkan tembok saat pemiliknya tidak dapat menunjukkan SIMB

Medan-Intainews.com:Tim gabungan Pemerintah Kota Medan melakukan penertiban terhadap bangunan yang tidak memiliki Surat Izin Bangunan [IMB] di Jalan Rahmadsyah gang Amse Kelurahan Kota Matsum I Kecamatan Medan Area, Senin 15 Juli 2019.

Antara lain bangunan 3 rumah yang masing-masing memiliki 2 lantai masih dalam tahap pembangunan diperuntukkan sebagai tempat tinggal sendiri. Sebelumnya tim terpadu sudah mengirimkan surat pemberitahuan untuk dapat melengkapi izin, namun pemilik bangunan tidak juga menghiraukan dan melanjutkan pembangunan.

Sebelum dilakukan penertiban, pemilik sempat menolak pembongkaran bangunan ini, pasalnya pemilik rumah mengaku sudah mengurus, namun karena ada kendala di pengurusan PBB sehingga pemilik rumah kesulitan dalam mengurus surat Izin Mendirikan Bangunan [IMB].

Penertiban dipimpin Kasi Pengawasan dan Penyidikan Satpol PP Kota Medan M Irvan P Lubis SE MM menjelaskan, peraturan pemilik bangunan harus mengantongi dulu SIMB baru melaksanakan pembangunan. Kenyataannya bangunan ini dilakukan lebih dulu, baru mengurus izin, maka dilakukan penertiban dengan meruntuhkan bangunan.

Diakhir penertiban, pemilik rumah membuat surat pernyataan untuk segera mengurus IMB secepatnga. Sebelum izin keluar pemiliki rumah dilarang melanjutkan pekerjaan bangunan tersebut sampai surat-surat mendirikan bangunan dilengkapi. *Inc-03