Nagan-Raya-Intainews.com:Kodim 0116/Nagan Raya melalui jajaran Koramil dan Posramil menyelenggarakan Pengenalan Lingkungan Sekolah [PLS] dan LDDK tingkat SMP dan SMA di setiap Kecamatan, Kabupaten Nagan Raya, Selasa 16 Juli 2019 [foto].

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai tindaklanjut kerjasama antara Kemendikbud RI dengan TNI dalam hal PLS setiap tahun ajaran baru pada jenjang Pendidikan SMP dan SMA sederajat. Komandan Kodim 0116/Nagan Raya, Letkol Kav Nanak Yuliana, SE, M.M. mengintruksikan Koramil agar melibatkan Babinsa sebagai tenaga pendidik PLS.

Menurut Letkol Kav Nanak Yuliana, SE, M.M, melalui pelatihan baris berbaris bisa menanamkan jiwa korsa, yakni saling menghormati dan menghargai sesama, sehingga da[at terbentuknya karakter sejak dini. Dandim juga mengatakan, Babinsa memiliki teknik di bidang pertanian, bantuan kesehatan dan kemampuan untuk mengajar.

“Materi yang disampaikan kepada siswa-siswi dalam kegiatan PLS dan LDDK yaitu bela negara, wawasan kebangsaan dan pelatihan baris berbaris,” jelas Nanak. Sementara Kepala Sekolah SMAN 3 Kuala, Malik menyebutkan, dirinya sangat mengapresiasi adanya keterlibatan TNI dalam PLS dan LDDK setiap tahun ajaran baru.

Menurutnya, dengan kegiatan itu para siswa-siswi yang sudah diterima di SMKN dapat mengikuti peraturan sekolah. “Harapan kami, TNI selalu dapat memberikan materi tentang wawasan kebangsaan. Kami menyambut baik kapanpun TNI memberikan materi kepada siswa-siswi kami,” katanya. *Inc-09