Medan-Intainews.com:Wakil Walikota Medan H Akhyar Nasution [foto]berharap seluruh sekolah di Kota Medan mendukung penuh Gerakan Lihat Sampah Ambil [LISA] dalam upaya mendukung kebersihan di Kota Medan. Melalui gerakan ini, seluruh siswa diajak peduli dengan kebersihan baik di sekolah maupun tempat tinggalnya masing-masing.

Jika seluruh sekolah menerapkan Gerakan LISA, keinginan menjadikan ibukota Provinsi Sumatera Utara bersih sampah dapat terwujud. “Gerakan ini akan lebih mudah diingat jika memiliki istilah yang easy listening. Untuk itu gerakan yang akan kita gaungkan ini diberi nama Gerakan LISA.

Hal itu diungkapkan Akhyar, ketika menggelar pertemuan dengan seluruh kepala sekolah mulai tingkat PAUD, SD dan SMP se-Kota Medan di Balai Kota, Senin 15 Juli 2019. LISA terinspirasi dari Kepala Sekolah Taman Siswa I, Tanjung Sari Rosmiati.

Rosmiati mengaku Gerakan LISA sudah diterapkan di lingkungan sekolah mereka. Hasilnya cukup efektif, setiap kali guru maupun kepala sekolah mengatakan LISA kepada siswa, mereka langsung beraksi mengutip sampah baik ketika berdiri, duduk maupun berjalan.

Didampingi Kadis Pendidikan Kota Medan Marasutan Siregar, Kadis Lingkungan Hidup Armansyah Lubis, Kabag Tapem Ridho Nasution, Kabag Sospen Khoiruddin Rangkuti, Kabag Pembangunan Zulfansyah serta perwakilan dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan [DKP, Akhyar berharap upaya Pemko Medan ini mendapat dukungan penuh dari semua pihak. *Inc-03