Rahmiono, SH & M Imran Harahap

Sergai-Intainews.com:Di 300 titik dipasang Lampu Tenaga Surya Hemat Energi [LTSHE] oleh Pemerintah Kabupaten [Pemkab] Serdangbedagai [Sergai]. Khususnya di Jalan Sei Ular Kecamatan Perbaungan menuju jalan Pantai Cermin, Sabtu 29 Juni 2019.

Menanggapi hal itu seorang tokoh masyarakat Rahmiono, SH, biasa disapa Kacuk, warga lingkungan Pasiran Kelurahan Simpang Tiga Pekan Kecamatan Perbaungan, Minggu 30 Juni 2019, mengucapkan terimakasih kepada Bupati Soekirman dan Wakil Bupati (Wabub) Darma Wijaya beserta jajaranya.

Beberapa tahun lalu pernah juga dipasang lampu tenaga surya di sepanjang jalan arah ke Pantai Cermin, namun tidak berlangsung lama, akibat banyaknya lampu yang dipasang hilang. Mudah-mudahan yang sekarang ini bisa bertahan lama.

“Dengan adanya penerangan di sepanjang jalan Sei Ular Perbaungan menuju Pantai Cermin ini, masyarakat merasa nyaman. Sebab sebelum adanya penerangan sering terjadi kecelakaan bahkan terjadi begal, jambret dan kejahatan lainnya,” ujar Pak Kacuk.

Senada, Kepala Masinis Perkebunan PTPN4 Kebun Adolina M Imran, Harahap, SE menyambut positif penerangan Sei Ular hingga ke Pantai Cermin. Selama ini banyak truck yang berhenti karena tak ada penerangan dapat menimbulkan kecelakaan.

Imran menyebut, hal-hal baik bagi masyarakat seperti ini sebaiknys dapat diteruskan dengan inovasi lainnya demi kesejahteraan rakyat. “Sebagai masukan, sebaiknya pada tiang lampu bisa dipasang lampu warna-warni, agar lebih indah dan semarak.

Terpisah, Bupati Sergai H Soekirman, terkait lampu penerangan Jalan Umum Tenaga Surya [PJU-TS], sebagai upaya dan sinergitas yang dilakukan Pemkab Sergai dengan Pemerintah Pusat melalui Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Oleh karenanya Bupati berharap agar masyarakat bersama-sama dengan unsur pemerintahan menjaga agar infrastruktur ini tetap dalam kondisi baik sehingga dapat bermanfaat lebih lama untuk kita semua,” tandas Bupati. *Inc-14