Taman Tugu Salak di Padangsidimpuan yang memprihatinkan

Sidimpuan-Intainews.com:Kota Padangsidimpuan tak bisa lekang dari salak. Bahkan salak sudah menjadi icon Padangsidimpuan. Maka di kota salak dibuatlah tugu salak, letaknya di pangkal jalan antara jalan Mgr Maradat dengan jalan Endamora (dulunya jalan Melati-Mawar) Kelurahan Ujung Padang Kecamatan Padangsidimpuan Selatan.

Namun,Taman Tugu Salak dengan area berbentuk segitiga ditampilkan buah salak, kini ditumbuhi semak belukar dan terkesan tidak terawat. Jika melintas di area itu, dengan kasat mata jelas terlihat keberadaan taman yang manyomak [dipenuhi semak) berbeda dengan taman-taman lainnya di Kota Padangsidimpuan.

Selain dibalut semak tugu icon salak itu, lima lampu taman terletak di puncak tugu salak tidak berfungsi. Saat malam hari, suasana taman gelap, padahal lokasi taman tersebut tidak jauh dari pemukiman warga.

Tugu Salak sudah ada sejak Kota Padangsidimpuan sebelum pemekaran dari Kabupaten Tapanuli Selatan. Menurut warga sekitar, sebelumnya taman tersebut masih terawat dengan baik.

Tetapi sampai tahun 2019 ini, area taman tersebut terlihat tidak terawat lagi. Kondisinya pun, memprihatinkan dan ‘manyomak’, cat sudah terkelupas. “Sebaiknya icon kota salak itu diperbaiki, dan disainnya yang apik serta artistik membuat enak untuk di pandang, sepertu tugu buah apel di Kota Malang,” tutur warga setempat VS.

Warga Sidimpuan, sangat menyayangkan tidak terawatnya Taman Tugu Salak itu, terkesan mubajir dibiarkan begitu saja, tanpa ada perhatian yang berwenang untuk segera memperbaiki dan merawatnya. Sejauh ini pihak yang berkompeten belum memberi keterangan terkait Taman Tugu Salak.*Inc.16