Nias Selatan yang akan dijadikan sebagai tempat Opening Ceremony Sail Nias 2019

Ijeck akan memberikan bantuan dana Rp 4 miliar untuk mempercantik dan melakukan pembenahan Pelabuhan Baru Teluk Dalam untuk persiapan Sail Nias 2019.

Nias Selatan-Intainews.com:Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah memimpin rapat dengan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Selatan.

Rapat tersebut guna memastikan kesiapan Nias Selatan sebagai tempat Opening Ceremony Sail Nias 2019, Selasa 21 Mei 2019, di Ruang Rapat Kantor Bupati Nias Selatan, Jalan Arah Sorake km 5 Desa Bawonahono, Teluk Dalam, Nias Selatan.

“Saya melihat Nias Selatan mempunyai potensi wisata yang baik, oleh karena itu saya menilai sangat layak menjadi tempat untuk pembukaan event bertaraf internasional Sail Nias 2019,” ucap Wagub Musa Rajekshah.

Kemudian, untuk mendukung pengembangan dan peningkatan pendapatan UMKM bidang kuliner, Wagub akan mendorong sertifikasi halal pada beberapa tempat makan di Nias Selatan.

“Akan ada sertifikasi halal di rumah-rumah makan yang ada di Nias Selatan, lalu nanti kita juga akan memberian kapal kepada para nelayan untuk mendukung acara Parade Kapal Nelayan, ujar Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck.

“Saya pahami akan keterbatasan kita dalam dana, untuk itu Pemprov akan alokasikan dana sebesar Rp 4 miliar,” ungkapnya. Untuk diketahui, nantinya akan ada banyak atraksi yang dilakukan di Nias Selatan.

Antara lain, ungkap Ijeck, Kegiatan 1000 Tenda, Parade Kapal Nelayan Tradisional, Tarian Perang Kolosal yang diikuti sebanyak 700 orang penari. Lalu juga ada Festival Lompat Batu yang akan diikuti 100 orang pelompat.

Ditampilkan Tarian Fame Afo, Festival Budaya Kepulauan Batu, Demo Udara dan Terjun Payung, terakhir ada perlombaan Surfing International WSL Nias Pro 2019 untuk menyemarakan Sail Nias 2019.

Sebelumnya, Bupati Nias Selatan Hilarius Duha menyambut baik rangkaian kegiatan Sail Nias Tahun 2019. “Kegiatan ini sudah lama digaungkan, dan akhir 2018 diputuskan untuk dilaksakan di Kepulauan Nias,” tuturnya

Hilarius juga menjelaskan, alokasi dana yang diberikan Pemprov Sumut nantinya akan digunakan untuk menambah beberapa fasilitas Pelabuhan Baru Teluk Dalam untuk menunjang kegiatan Nias Sail 2019. *Inc-12