Warga Medan saat mengurus KTP-el di Lapangan Merdeka

Medan-Intainews.com:Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan menghadirkan sarana perekaman e-KTP-el (urus KTP-el) di sela-seca acara Car Free Day (CFD) di Lapangan Merdeka Medan, Minggu 7 April 2019 pagi. Langkah ini dilakukan sebagai upaya mempermudah warga yang belum melakukan perekaman KTP-el.

Sesudah tiga hari perekaman dilakukan dipastikan KTP-el selesai, warga yang bersangkutan dapat mengambilnya di Kantor Disdukcapil Jalan Iskandar Muda maupun kantor kecamatan sesuai dengan domisili tinggal.

Selain melakukan perekaman, stand Disdukcapil juga menerima pergantian KTP-el warga yang rusak maupun telah berakhir masa berlakunya. Selain itu Disdukcapil siap memberikan informasi selengkap-lengkapnya menyangkut dokumen kependudukan seperti KTP, KK, akte kelahiran, akte kematian maupun lainnya sehingga masyarakat dapat mengetahuinya dengan jelas.

Menurut Kadisdukcapil Kota Medan Drs Zulkarnaian MSi, langkah yang dilakukan ini untuk lebih mendekatkan akses kepada masyarakat untuk memiliki tanda pengenal sebagai identitas diri (KTP). Sebab, KTP sangat penting karena merupakan kartu identitas diri seseorang untuk mendukung berbagai aktivitas sosial sehari-hari.

Khusus di bulan April ini ungkap Zulkarnain, masyarakat bisa melakukan perekaman pada hari-hari libur seperti Sabtu, Minggu maupun hari besar lainnya. Dikatakannya, Disdukcapil dan 21 kantor kecamatan yang ada di Kota Medan siap melayani masyarakat yang ingin melakukan perekaman KTP-el. *Int-03