Pragawati bersongketria di ajang Indonesia Fashion Week (IFW) 2019

Medan-Intainews.com:Songket Medan tampil memukau di ajang Indonesia Fashion Week (IFW) 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) berlangsung 27-31 Maret 2019. Busana hasil kreasi Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Medan Hj Rita Maharani SH tidak kalah dengan hasil karya desainer yang ada di Tanah Air.

Applause penonton tak putus berhenti saat peragawati yang mengenakan aneka busana berbahan Songket Medan berjalan di atas catwalk. Melalui JCC, Songket Medan diharapkan semakin terkenal dan memiliki tempat di hati para pecinta fashion di seluruh Nusantara.

Sebab, IFW merupakan wadah promosi dari hasil kerajinan daerah. Penampilan Songket Medan dalam event itu menjadi bagian gabungan dari Dekranasda Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Selain Kota Medan event tersebut juga diikuti Dekranasda dari kabupaten/kota l yang ada di Provinsi Sumut, khususnya wilayah Pantai Timur.

Ketua Dekranasda Kota Medan Hj Rita Maharani SH sangat bangga sekaligus bahagia sebab hasil karyanya dapat tampil dalam ajang bergengsi bertaraf nasional tersebut. “Alhamdulillah, Songket Medan bisa tampil di IFW. Ini menjadi kebanggaan tidak hanya bagi saya tapi juga Kota Medan,” kata Rita.

Hj Rita Maharani SH foto bersama usai mempragakan Songket Medan yang mendapat Applause penonton

Melalui event ini, lanjut Rita, nama Kota Medan kian terkenal sebagai salah satu daerah penghasil kain songket di Tanah Air. Event yang mengangkat tema Cultural Values juga menjadi bukti Songket Medan mampu bersaing dengan hasil karya dari daerah lain.

“Ini menjadi momentum sangat menggembirakan. Songket Medan punya tempat tersendiri di hati para pecinta fashion Tanah Air yang datang menyaksikan. Apalagi saat para peragawati berajalan di atas catwalk, tepuk tangan meriah tak hentinya mengiringi mereka,’’ tutur Rita Dzulmi Eldin gembira.

Untuk itu, Ketua Dekranasda sekaligus istri Walikota Medan Dzulmi inii berharap Songket Medan tidak hanya tampil di kancah nasional tapi juga bisa tampil di taraf Internasional. “Insya Allah, semua kerja keras yang dilakukan akan membuahkan hasil yang memuaskan,” sebut Rita. Dengan demikian, Songket Medan kian mengepakkan sayapnya,’’ harapnya.

Selanjutnya Hj Rita Maharani menambahkan, dengan begitu Songket Medan
harus terus dikembangkan dan dipromosikan sebagai kekayaan budaya Indonesia dan salah satu benteng ekonomi nasional. Dengan demikian hasil karya di seluruh daerah Sumut dapat semakin berkembang. *Inc-03