Ilustrasi Siswa ikuti UNBK. Foto Istimewa

Medan-Intainews.com:Pelaksanaan hari pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Senin 1 April 2019 di SMAN 4 Medan, berlangsung tidak lancar. Pasalnya, server yang digunakan terkena virus, sehingga banyak siswa yang gagal UNBK.

Kepala SMAN4, Drs Ramli membenarkan hal ini. Disebutkannya, saat ujian dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, pada sesi pertama, tiba-tiba server bervirus dan komputer digunakan siswa log out dan menjalar ke komputer lainnya.

“Kami langsung hubungi panitia provinsi untuk mengatasi hal ini. Tak lama datang dari provinsi melakukan perbaikan dan pelaksanaan pada sesi kedua bisa berlangsung di sebagian ruangan,” kata Ramli.

Saat ditanya apakah yang menjadi penyebab adanya virus ini, dia tidak mengetahui secara pasti. Hanya saja, kata dia, komputer yang dimiliki laboratorium sekolah hanya 40 unit, selebihnya dari siswa dan guru.

“Makanya, penyebab pasti masuknya virus kita tidak tahu,” katanya yang menyebut siswa yang ikut UNBK sebanyak 535 siswa dengan lima ruangan ujian, maka siswa yang tidak UNBK akan mengulang,” katanya. *Inc-03