Kisaran-Intainews.com:Bupati Asahan diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Sumatera Utara Taufik Zainal Abidin, S.Sos, MSi menghadiri Penandatanganan Komitmen Pemerintah Daerah dalam pemenuhan Standar Pelayanan Publik (foto) dan Penerapan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR).

Acara yang dilaksanakan di Hotel Santika Dyandra Medan, Selasa 26 Maret 2019 dibuka Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu) Musa Rajekhsyah, dihadiri
Kepala Perwakilan Ombusman Sumatera Utara (Sumut) Abyadi Siregar, para bupati/walikota se- Sumut. Ombusman RI menandatangani dokumen Komitmen Pemerintah Kabupaten Asahan.

Kepala Ombusman Perwakilan Sumatera Utara, Abyadi Siregar menyampaikan selama ini pemantauan terhadap kinerja pelayanan publik dilakukan oleh institusi pemerintah hanya melalui survey.

Dari survey tersebut ditemukan dari 34 Pemkab hanya ada 6 yang dikategorikan hijau atau relatif baik. Antara lain Pemprov Sumut, Pemko Medan, Pemkab Langkat, Pemkab Deliserdang, Pemkab Dairi dan Pemkab Sergai. Itulah kenapa Penandatanganan ini dilaksanakan.

Kantor Staf Kepresidenan RI sesungguhnya sudah menyiapkan Aplikasi Lapor yang bisa digunakan Publik guna penyampaian keluhan masyarakat yang berhubungan dengan pelayanan Publik, seluruh laporan masyarakat masuk ke KSP dan diteruskan ke Pemerintah Kabupaten atau Dinas Terkait.

Bupati Asahan Melalui Sekretaris Daerah Kab Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, M,.Si mengatakan akan terus berupaya semaksimal mungkin mendorong OPD untuk meningkatkan pelayanan Publik di Kabupaten Asahan. *Inc-10