Gunungsitoli-Intainews.com:Untuk pembangunan tahun 2020 di Kota Gunungsitoli, pemerintah Kota Gunungsitoli lebih mengutamakan pembangunan yang skala prioritas. “Akibat kesenjangan anggaran dengan kebutuhan pembangunan, kita perlu melakukan penajaman skala prioritas dan lebih fokus,” ucap Wali Kota Gunungsitoli Ir Lakhomizaro Zebua pada Musrenbang RKPD Kota Gunungsitoli tahun 2019, Selasa 19 Maret 2019 (foto).

Penajaman skala prioritas dilakukan agar yang dibangun dan dikerjakan tahun 2020, dan telah diawali tahun 2018-2019 dapat lebih bermanfaat dan berguna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dia berharao Musrenbang RKPD bisa menjaga usulan yang telah disepakati dalam forum aspirasi masyarakat dan harus fokus pada skala prioritas yang paling utama dan paling dibutuhkan tahun 2019- 2020.

Walikota memberitahu, dia juga telah menyampaikan maaf kepada pemerintah Provinsi Sumatera Utara terkait keterlambatan penyerahan APBD Kota Gunungsitoli tahun 2019. “Kepada sekretaris daerah, badan perencanaan pembangunan daerah dan seluruh kepala perangkat daerah saya minta agar penetapan APBD tahun 2020 bisa tepat waktu,” tegasnya.

Dia meminta agar penetapan kebijakan umum anggaran (KUA) dan plafon perencanaan anggaran sementara (PPAS) Kota Gunungsitoli tahun 2020 dipercepat dan tidak lupa meminta dukungan dari seluruh pimpinan dan anggota DPRD agar APBD Kota Gunungsitoli tahun 2020 bisa diserahkan kepada Pemprovsu paling lama bulan November 2019.

Sekretaris Bappeda Kota Gunungsitoli Karya Bate,e sebelumnya melaporkan tujuan Musrenbang RKPD tahun 2020 adalah untuk menyepakati indikator pembangunan di Kota Gunungsitoli. *Inc-12