Abdul Kahar (kanan) dengan latarbelakang Sawitnya di Bongkar

Kisaran-Intainews.com:Petani kelapa sawit di Kecamatan Rawang Panca Arga, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, kini mulai beralih ke tanaman padi, karena terus merugi bertanam kelapa sawit. “Kami terus merugi bertanam kelapa sawit,” ungkap salah seorang petani Abdul Kahar, Kamis 14 Maret 2019.

Dia mengaku bukan hanya dirinya yang kini beralih menanam padi, tetapi sejumlah petani di Kecamatan Rawang Panca Arga, Kabupaten Asahan Sumatera Utara sudah kembali mempertahankan potensi tanaman padi sebagai usahanya, untuk meningkatkan perekonomian hidup mereka.

Abdul Kahar yang juga Sekretaris Camat (Sekcam) Rawang Panca Arga, menyebutkan sebelumnya petani di daerahnya areal lahan pertaniannya ditanami tanaman kelapa sawit. Sekarang mereka sudah membasmi pohon kelapa sawitnya, dan kembali mengalihfungsikan lahannya bertanam padi.

Menanam padi, ungkap Abdul Kahar, bisa menghasilkan 7 s/d 8 ton perhektar dengan harga Rp4.500 s/d 5000/kg dengan 2 musim setahun. Tentunya hasil padi lebih menguntungkan dari pada sawit. *Inc-10