Medan-Intainewscom:Walikota Medan T Dzulmi Eldin berharap Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Medan tahun 2020, harus bisa merlahirkan rencana pembangunan kota tahun 2020 yang semakin handal sekaligus dapat mewujudkan visi dan misi pembangunan kota yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Medan tahun 2016-2021(foto).

Di samping itu forum Musrenbang yang mengusung tema, “Mengoptimalkan Potensi dan Menguatkan Sinergitas Demi Terwujudnya Medan Sebagai Kota Masa Depan yang Multikultural, Berdaya Saing, Humanis, Sejahtera dan Religius”, ini dapat mencerminkan program-program pembangunan kota yang semakin pro rakyat dan harus berdasarkan potensi yang dimiliki.

Harapan ini disampaikan Walikota ketika membuka Musrenbang Kota Medan tahun 2020 di Emerald Garden Hotel Jalan Putri Hijau Medan, Senin 11 Maret 2019. Musrenbang dihadiri perwakilan kelompok pemangku kepentingan pembangunan kota seperti unsur legislatif, eksekutif, BUMN/BUMD. Perguruan tinggi, asosiasi profesi, organisasi masyarakat, delegasi kecamatan, kelompok swadaya masyarakat, kelompok perempuan dan undangan lainnya.

Ditegaskan Dzulmi Eldin, tantangan pembangunan kota ke depan lebih berat dan lebih kompleks lagi pada masa yang akan datang. Artinya, di samping berbagai keberhasilan yang sudah diraih, di sisi lain harus diakui masih banyak persoalan pembangunan yang harus diatasi bersama-sama.

Untuk itulah Walikota minta kepada seluruh peserta yang hadir dalam Musrenbang agar dapat meluangkan waktu mengikuti secara penuh dan sungguh forum Musrenbang ini, sehingga dapat menggali berbagai gagasan konstruktif, memberikan saran dan masukan yang bernas guna pemutakhiran RKPD Kota Medan tahun 2020 nantinya.

“Melalui forum ini Pemko Medan akan memperoleh sekaligus menyusun dokumen rencana pembangunan kota yang terpadu, partisipatif, realistis dan handal. Apalagi rangkaian serta tahapannya dimulai dari rembuk warga, Musrenbang tingkat kelurahan, Musrenbang Kecamatan hingga Musrenbang Kota yang hari ini kita laksanakan, saya targetkan tahun 2020, Insya Allah akan dapat menggali potensi dan kebutuhan masyarakat Kota Medan,” pungkasnya. *Inc-03