Ilustrasi. Istimewa

Medan-Intainews.com:Ujian Nasional (UN) tahun ini dilaksanakan dengan dua sistem yaitu berbasis komputer juga berbasis pensil dan kertas. Hal ini dikarenakan dari jumlah sekolah 6984 sekolah yang akan melaksanakan UN, 3 persennya belum bisa melaksanakan UN berbasis komputer.

Adapun jadwal pelaksanaan UN untuk tingkat SMP, SMA, SMK, Madrasah Tsanawiyah (MTS) dan Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) tahun 2019, dilaksanakan Senin sampai Kamis yaitu tanggal 25,26,27 Maret 2019. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara, Arsyad Lubis, Rabu 6 Maret 2019.

Sedangkan Untuk tingkat SMA dan MA akan dilaksakan pada Senin, Selasa, Kamis dan Senin yaitu tanggal 1, 2, 4 dan 8 April 2019. Dikatakan alasan untuk dilakukan tidak bersamaan antara SMA dan SMK karena agar dapat berbagi alat komputer bagi sekolah yang melaksanakan UNBK bisa secara bergantian.

“Jika SMA duluan, jadi SMK bisa menggunakan komputer SMA, itu tujuannya agar lebih fokus karena jumlah sekolah yang melaksanakan UNBK sangat banyak,” ungkap Arsyad Lubis. Dalam kesempatan itu juga dikatakannya untuk jadwal pelaksanaan UN tingkat SMP dan MTS dilaksanakan pada Senin,Kamis tanggal 22 -25 April 2019.

“Jadi SMK dulu, SMA dan SMP, kita jadwalkan memang tidak serentak semua sehingga bisa bergantian menggunakan komputer,” jelasnya lagi. Selain jadwal UN, dikatakanya pihaknya juga akan melaksanakan ujian nasional susulan. Ujian Nasional susulan ini bagi siswa yang tidak mengikuti UN karena kurang informasi sehingga tidak hadir pada pelaksanaan UN.

“Jadwal ujian susulan SMA, Aliyah pada tanggal 15 dan 16 April 2019. SMP dan MTS pada tanggal 29-30 April 2019,” ungkapnya. Sedangkan pengumuman hasil UN, SMK,MAK ,SMA,MA pada Senin-kamis 6-9 Mei 2019. SMP dan tsanwiyah tanggal senin-selasa tanggal 27-28 Mei 2019.

“Untuk perbaikan juga akan kita lakukan untuk SMA, MA, SMK dan MAK. Kita lakukan ini, ada anak kita yang belum memenuhi kriteria yang diharapkan. Banyak sekarang perguruan tinggi dan kedinasan yang mempersyaratkan nilai UN yang bagus. Jadi kita juga akan melaksanakan UN perbaikan yaitu pada Sabtu dan Selasa 27-30 Juli 2019.

Dan akan diumumkan pada Jumat 9 Agustus 2019”,Papar Arsyad didampingi Ketua UN Tingkat Provinsi Sumut 2019 August Sinaga di kantor Disdiksu Jl T Cik Di Tiro Medan.
Sementara itu, Arsyad Lubis mengimbau agar para siswa mempersiapkan diri untuk ikut serta dalam pelaksanaan UN tahun ini.

Meskipun Hasil UN bukan penentu lulus atau tidak lulus namun siswa harus serius karena siswa yang tidak mengikuti UN otomatis akan tidak lulus. Dan dikatakan bahwa UN ini dilaksanakan dalam rangka melihat, memetakan pendidikan di provinsi Sumut dan juga di tingkat nasional.*Inc-03