Tapsel-Intaines.com:Tapanuli Selatan (Tapsel) terdiri dari 14 kecamatan sebut diperlukan total 7.077 petugas KPPS dengan rincian tujuh orang per TPS. Untuk itu KPU akan mulai membuka pengumuman perekrutan petugas KPPS pada Kamis 28 Februari 2019 (foto).

Hal itu dikatakan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapsel Sumatera Utara (sumut), Panataran Simanjuntak melalui Komisioner KPU Tapsel Devisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat, dan SDM, Zulhajji Siregar di Kantor KPU, di Jalan William Iskandar Kota Padangsidimpuan.

“Perekrutan anggota KPPS sesuai surat KPU RI nomor 241/PP.05-SD/01/KPU/II/2019 tanggal 8 Februari 2019,” terangnya. Secara teknis selanjutnya KPU melalui Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) dan Petugas Pemilihan Suara (PPS) di desa dan kelurahan akan mengumumkan perekrutan petugas KPPS tersebut.

“Nantinya akan ada sembilan petugas yang mengawal setiap TPS dengan rincian tujuh orang petugas KPPS rekrutmen KPU tambah dua petugas PAM rekrutmen Pemerintah Daerah (Kesbangpol),”ujarnya. KPU Tapsel berharap kepada PPS dalam membentuk calon petugas KPPS betul-betul memerhatikan petunjuk teknis sesuai aturan yang ada.

“Yang terpenting PPS juga tidak mendahului jadwal dan melampaui jadwal pembentukan KPPS sesuai PKPU nomor 32 Tahun 2018 tentang tahapan Jadwal untuk Pemilu 2019,” tegas Zulhajji. Perekrutan petugas KPPS dibuka 28 Februari hingga 27 Maret 2019. *Inc-16-19