Walikota Medan (kiri) dan Wakil Walikota

Medan-Intainews.com:Walikota Medan T Dzulmi Eldin menekankan kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan agar melaksanakan tugas pendapatan dan belanja, supaya fokus pada target yang telah ditetapkan agar realisasi pendapatan dan belanja daerah pada akhir tahun anggaran selaras dengan APBD yang sudah ditetapkan.

Dengan demikian masyarakat akan mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya dari pembangunan kota yang diselenggarakan. Penekanan itu disampaikan Walikota Medan ketika membuka Rapat Kerja Pelaksanaan Program/Kegiatan Pembangunan Kota Tahun 2019 di Hotel Grand Aston Medan, Rabu 27 Februari 2019. Sebab, rendahnya realisasi belanja langsung akan sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi daerah

Kemudian Walikota minta agar seluruh OPD bekerjasama dan berkomunikasi serta berkoordinasi dengan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) dan Unit Layanan Pengaduan (ULP). “Itulah yang menjadi tugas saudara yang harus diingat dan dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab,” kata Walikota.

Sedangkan tugas Walikota tegas Eldin, melihat dan menilai kinerja serta tanggung jawab yang dilakukan seluruh jajaran OPD apakah sudah sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) masing-masing. Di samping itu juga melihat apakah tupoksi yang dilakukan itu sudah memenuhi unsur peraturan dan ketentuan yang berlaku, terlebih dalam rangka memberhasilakn pencapaian target pembangunan kota.

Rapat yang turut dihadiri Wakil Walikota Akhyar Nasution MSi, Sekda Kota Medan Wirya Alrahman, Asisten, Staf Ahli, pimpinan OPD, camat, lurah Kepala UPT dan Puskesmas se-Kota Medan. Walikota juga mengingatkan, APBD Tahun 2019 telah ditetapkan secara tepat waktu pada bulan Desember 2018. Ada dua bagian pokok dalam APBD Tahun 2019 yakni sisi pendapatan daerah dan sisi belanja daerah.

Untuk sisi pendapatan daerah, jelas Walikota, telah ditargetkan sebesar Rp 6,118 triliun dengan pendapatan asli daerah (PAD) yang diharapkan sebesar Rp 2,338 triliun. Sedangkan dari sisi belanja terdiri dari belanja langsung sebesar Rp4,048 triliun dan belanja tidak langsung sebesar Rp 2,070 triliun.

Atas dasar itulah melalui rapat ini, Walikota mengistruksikan kepada sleuruh OPD agar selalu memeprhatikan hasil evaluasi program kegiatan tahun sebelumnya yang memberi pesan apa kekurangan dan kelemahan dalam melaksanakan program kegiatan di tahun 2018. Dengan begitu kekurangan tersebut tidak terulang dan dapat diatasi pada tahun 2019 ini guna meningkatkan kinerja.

Sebelumnya Plt Kepala Bappeda Kota Medan M Syafruddin menyebutkan, tujuan digelar rapat untuk mewujudkan pelaksanaan program kegiatan OPD, serta APBD Kota Medan Tahun Anggaran 2019 secara tepat waktu dan sasaran serta berkualitas, guna mewujudkan sasaran-sasaran pembangunan kota dan penetapan kinerja sebagaimana yang direncanakan.

Rapat dihadikri sekitar 550 peserta dari seluruh unsur OPD dan pejabat di lingkungan Pemko Medan, berlangsung sejak pagi hingga petang menghadirikan sejumlah nara sumber diantaranya Sekda Kota Medan, Kepala Bappeda, Inspektur Kota Medan Kepala Badan Pengelola Pajak dan retribusi Daerah Kota Medan, Kepala BPKAD, Kepala ULP, Staf Ahli dan Asisten sebagai pembanging diskusi panel. *Inc-03