Tapsel-Intainews.com:Pemuda-pemudi yang tergabung dalam Kelompok Muda Mandiri dan Kreatif (KMMK) Padangsidimpuan – Tapanuli Selatan (Tapsel), melaksanakan pelatihan ternak kambing, dengan tema ‘pemuda harus menjadi pelopor berwirausaha’, baru-baru ini (foto).

Pelatihan ternak kambing berlangsung di basecamp KMMK Jalan Jenderal Sudirman Lingkungan III Gunung Manaon Kelurahan Pasar Pargarutan Kecamatan Angkola Timur Tapsel Sumatera Utara.

Pelatihan ini diharapkan dapat mendorong pemuda dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 untuk berfikir maju, sebagai pelopor berwirausaha. Agar nantinya tidak semua berfikir harus menjadi pegawai negeri, karena untuk memajukan daerah, bangsa juga Negara, pemuda harus berperan di semua lini kehidupan.

Ketua pelaksana pelatihan Zulkifli Sormin menyebutkan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memotivasi pemuda dalam hal berwirausaha. Sekaligus dapat membuka usaha baru, yakni ternak kambing.

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh peserta, dewan pembina dan anggota KMMK, nara sumber, tokoh masyarakat, Naposo Nauli Bulung (NNB), khususnya NNB Gunung Manaon Angkola Timur dan pihak yang telah ikut mensukseskan kegiatan ini,” ujarnya.

Direktur KMMK Padangsidimpuan Tasel, Irham Bakti Pasaribu panuli Selatan menambahkan, kegiatan pelatihan ini merupakan komitmen terhadap pembinaan dan pemberdayaan masyarakat khususnya pemuda.

Kegiatan ini, ungkapnya, bagian dari program KMMK dalam mengembangkan potensi pemuda, agar tercipta lapangan pekerjaan baru. Narasumber dari Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) dari Kelompok Tani Ternak Bungaran Simalungun, Ahmad Safri mengungkap ada lima aspek
penting beternak kambing.

Kegiatan pelatihan berlangsung Sabtu 9 Februari dan Minggu (10 Pebruari 2019, diikuti tidak kurang dari tiga puluhan peserta. Terdiri dewan pembina, anggota KMMK, tokoh masyarakat Angkola Timur. *Inc-19