Danau Siombak Medan mulai dibersihkan dari sampah-sampah

Medan-Intainews.com:Warga dan wisatawan lokal yang sering hadir di Danau Siombak mengeluh. Pasanya belakangan salah satu objek wisata air yang ada di Kota Medan (Danau Siombak) itu ditutupi sampah.

Mendengar itu, Walikota Medan T Dzulmi Eldin menginstruksikan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan untuk segera membersihkan sampah di kawasan Danau Siombak di Jalan Pasar Nippon, Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan. Jumat 8 Februari 2019 pagi, DKP pun langsung turun membersihkan danau yang diapit oleh dua sungai, yakni Sungai Deli dan Sungai Terjun.

Seratusan petugas dikerahkan Kadis DKP Kota Medan HM Husni melakukan pembersihan. Sampah yang mengapung berserakan di pinggiran danau buatan seluas sekitar 40 hektare dan kedalaman lebih kurang 12 meter tersebut, diangkut secara manual.

Petugas dilengkapi pelampung menggunakan rakit dari rangkaian drum plastik bekas, terus mengait dan meraih sampah-sampah. Sedikit demi sedikit petugas berhasil membersihkan Danau Siombak dari sampah.

Pinggiran Danau Siombak tidak luput dari sampah

Dr Indra Utama selaku pengamat lingkungan mengatakan, sampah yang berserakan di Danau Siombak ditengarai berasal dari aktivitas buangan sampah liar sebagian masyarakat (perumahan) yang tinggal di bantaran Sungai Terjun dan Sungai Bederah.

M Husni menyebutkan pihaknya akan berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai Sumatera II yang menangani masalah sungai untuk mengatasi bagaimana agar sampah-sampah yang berasal dari kedua sungai itu tidak masuk ke Danau Siombak.

Sekretaris Camat Medan Marelan Suhariadi membenarkan sampah yang mencemari Danau Siombak bukan berasal dari TPA Terjun melainkan Sungai Terjun dan Sungai Bederah. Suhariadi menambahkan, Danau Siombak saat ini milik pribadi yang oleh pemiliknya dijadikan menjadi objek wisata air.

Tempat ini ramai dikunjungi masyarakat, terutama hari libur. Di tempat itu tersedia dua perahu bermotor yang siap membawa pengunjung keliling untuk menikmati keindahan Danau Siombak. * Inc-03