Bupati Sergai, Soekirman (kanan) menunjukkan hasil panen padi organik

Sergai-Intainews.com:Dusun VI Desa Pulau Gambar Kecamatan Serba Jadi melaksanakan panen padi organik sekaligus peresmian Saung Tani dihadiri Bupati Sergai Ir H Soekirman, Kadis Pertanian Radianto, Camat Kecamatan Serba Jadi, kepala desa, ketua kelompok tani dan seluruh masyarakat, Kamis 7 Februari 2019.

Bupati Sergai Ir H Soekirman mengatakan, jika dilihat tampilannya alhamdulilah cukup baik. “Kita patut bersyukur hari ini merupakan panen percobaan padi organik. Walaupun belum mendapat sertifikat organik namun ini merupakan upaya yang cukup baik dalam melestarikan lingkungan dan meningkatkan pola hidup sehat.

Pola hidup sehat, lanjut Bupati Sergai, salah satunya dengan mengkonsumsi beras organic. Dalam kandungan beras organik tidak terdapat pestisida kimia yang membahanyakan konsumen jika di konsumsi berkepanjangan. “Pestisida kimia akan merusak organ tubuh manusia, “ ungkap Bupati Sergai Soekirman.

Selain itu Ketua Gapoktan Desa Pulau Gambar Prianto menjelaskan, Desa Pulau Gambar memiliki 16 kelompok tani. “Kelompok tani di desa ini semua menanam sayur-sayuran dan pangan serta ternak tersebar di setiap dusun,” ujarnya.

Selain pangan, ungkapnya, masyarakat juga ingin mengembangkan agro wisata Desa Pulau Gambar yang diyakini akan dapat memajukan prekonomian masyarakat, khususnya masyarakat Desa Pulau Gambar Kecamatan Serba Jadi.

Bupati Sergai Soekirman (paling depan) bersama petani menunjukkan panen padi organik yang sehat untuk dikonsumsi

Soal Irigasi, menurut Bupati, pada tahun 1998 hingga 2000 terjadi reformasi yang membuat oknum-oknum menambang pasir dengan sesuka hati di Sei Ular. Hal itu mengakibatkan banyak saluran irigasi masyarakat menjadi kekurangan air. Lahan pertanian padi milik masyarakat menjadi kekeringan.

Disebutkan Soekirman, saat ini sawah milik masyarakat telah mendapat saluran air dari irigasi dengan baik. Pemerintah telah membangun irigasi sawah, sebab program utama pemerintah adalah pangan, yang merupakan hal utama dalam hal pertanian

Terkait dengan agro wisata desa, jelas Bupati Sergai, jika Desa Pulau Gambar ingin menjadi desa wisata, harus terasa aman dan nyaman yang membuat wisatawan tertarik datang dan berkunjung. “Selain itu desa juga harus rajin memasarkan potensi dimiliki oleh desa yang pantas untuk dikembangkan,” ungkapnya.

Desa juga, tuturnya, harus membuat transportasi yang baik. Akomodasi yang aman dan nyaman. Konsumsi yang bersih dan atraksi yang menarik bagi wisatawan selama berkunjung. *Inc-14