Medan-Intainews.com:Gerak cepat dilakukan Pemko Medan untuk mengatasi amblasnya Jalan Bunga Pariama, Kelurahan Ladang Bambu, Kecamatan Medan Tuntungan akibat hujan deras membuat Sungai Nangka dan tejadi erosi, Minggu (27/1) malam.

Erosi menyebabkan jalan amblas, lalu gerak cepat ditangani Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan sampai tuntas, sehingga dapat dilalui kembali oleh kendaraan. Yang sebelumnya amblasnya menyebabkan arus lalu lintas terputus.

Rabu (30/1) siang, Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution (foto), Rabu 30 Januari 2019 meninjau lokasi bersama Kadis PU Kota Medan Kahirul Syahnan, Kabag Humas Ridho Nasution serta Camat Medan Tuntungan Gelora Kurnia Putra Ginting.

Di lokasi, Wakil Walikota melihat petugas Dinas PU terus melakukan penimbunan dan pengerasan sehingga jalan yang amblas semakin kuat. Sejumlah warga yang melintas mengendarai kenderaan bermotor baik roda dua maupun empat tak terganggu.

Wakil Walikota selanjutnya memberikan sejumlah arahan kepada Kadis PU sehingga penanganan jalan amblas yang dilakukan lebih maksimal dan hasilnya lebih kuat lagi agar tidak amblas kembali. Sebab, berdasarkan pengakuan sejumlah warga, jalan itu amblas sudah dua kali karena ‘terjangan’ arus Sungai Nangka yang meluap.

Selain mengatasi jalan amblas, Wakil Walikota Akhyar Nasution mendapat pengaduan dari salah seorang warga, ada jembatan yang ambruk pasca banjir beberapa waktu lalu. Untuk saat ini warga sekitar membuat jembatan darurat dari kayu. Wakil Wali Kota pun langsung meresponnya, apa lagi warga itu menunjukkan gambar jembatan darurat itu melalui handphone.

Setelah mencermatinya, Wakil Walikota minta kepada Kadis PU untuk mengatasinya. “Saya rasa jembatan itu bisa diatasi dengan menggunakan box culvert. Selain pemasangannya cepat, juga bisa langsung dilalui sehingga aktivitas warga dapat lancar kembali,” ungkapnya.

Kadis PU Khairul Syhanan pun langsung mengamininya. Dikatakannya, mereka masih memiliki persedian box culvert sehingga bisa digunakan untuk mengganti jembatan kayu. “Kita akan segera memperbaiki jembatan itu dengan menggunakan box culvert, secepatnya kita lakukan sehingga warga akan merasa tenang dan nyaman kembali,” ujar Syahnan. *Inc-03