Siantar-Intainews.com:Komando Resort Militer (Korem) 022/Pantai Timur menggelar upacara pembukaan latihan pengamanan Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019 (foto).

Tujuannya, demi terciptanya Pemilu yang demokratis, bermartabat, berkualitas, damai, dan aman. Upacara dilaksanakan di Lapangan Makorem 022/PT, Jalan Asahan Kabupaten Simalungun, Senin 28 Januari 2019 dan dihadiri Wakil Walikota Pematangsiantar Togar Sitorus.

Upacara diikuti personel jajaran Korem 022/PT, Yonif 122/TS, Brimob Subden 2B Pematangsiantar, Polres Pematangsiantar, Polres Simalungun, KPU Pematangsiantar dan Simalungun, Bawaslu Pematangsiantar dan Simalungun, serta instansi lainnya.

Komandan Korem (Danrem) 022/PT Kolonel Inf Raden Wahyu Sugiarto dalam amanatnya yang dibacakan Inspektur Upacara Kasrem 022/PT Letkol Inf Agustatius Sitepu mengatakan, Pemilu Tahun 2019 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas. Sebab untuk kali pertama, Pemilihan Legislatif dan Pilpres dilaksanakan serentak.

“Kondisi ini akan menuntut pada upaya maksimal dari masing-masing partai politik dalam berkompetisi secara ketat untuk meraih suara sebanyak-banyaknya,” katanya. Dilanjutkannya, TNI AD khususnya Korem 022/PT bersama-sama segenap komponen bangsa harus melaksanakan tugas dengan tulus dan ikhlas dalam mewujudkan rasa aman dan tenteram di masyarakat.

Masih kata Danrem, netralitas TNI kembali harus ditunjukkan. Oleh karenanya, seluruh prajurit diperintahkan untuk berpegang teguh pada pedoman netralitas TNI. Jangan terpengaruh pada berbagai isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Korem 022/PT beserta seluruh jajaran dituntut senantiasa memiliki kesiapan dan kecepatan bergerak serta profesionalitas prajurit yang handal. Dengan demikian, setiap saat mampu melaksanakan tugas perbantuan tersebut secara berhasil dan berdaya guna.

Upacara juga dihadiri Ketua DPRD Simalungun Johalim Purba, Ketua Pengadilan Negeri Simalungun, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Simalungun, seluruh Dandim di jajaran Korem 022/PT, Danyonif 122/TS Letkol Infantri Ahmad Azis, para perwira, bintara, dan tamtama di jajaran Korem 022/PT. *rel