Medan-Intainews.com:Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin meresmikan awal pembangunan tujuh gedung Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) di kawasan Tuntungan, Deliserdang, Selasa 8 Januari 2019 (foto).

Bangunan yang merupakan kampus ke empat UINSU ini dibangun di lahan seluas 8 hektar. Peresmian awal pembangunan tujuh gedung ditandai dengan tombol sirine dan menaburkan pasir, dihadiri Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin, Rektor UIN Sumut Prof Saidurrahman dan perwakilan kontraktor pembangunan.

Ada tujuh gedung yang akan dibangun di kampus IV UIN Sumut ini diantaranya, gedung administrasi, perpustakaan, laboratorium, Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, Fakultas Sains Teknologi, Fakultas Ilmu Sosial, dan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Menag, Lukman Hakim Saifufuddin menyebutkan, dalam empat tahun terakhir ini pemerintah sedang fokus dalam penguatan sarana dan prasarana Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Sedikitnya, ada 58 PTKIN di Indonesia yang terdiri dari, 7 Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), 34 Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan 17 Universitas Islam Negeri (UIN).
Menurutnya, dalam konteks Indonesia ada tiga ragam tingkatan pendidikan islam di Indonesia yang menjadi warisan pendahulu.

Pertama, pondok pesantren yang paling orisinal dan tidak akan ditemui ditempat lain. “Saat ini, ada sekitar 28.000an pondok pesantren di Indonesia. Ini data lama dan sekarang makin tumbuh. Pondok pesantren merupakan pendidikan dasar asli yang ada di Indonensia,” ungkapnya.

Perguruan tinggi, lanjutnya, adalah menjadi terminal akhir dari proses mobilitas vertikal anak-anak santri yang setelah mengenyam pendidikan di ponpes dan madrasah.

Rektor UIN Sumatera Utara, Prof Saidurrahman menargetkan pada Maret 2020, kampus sudah bisa digunakan dan akan ditempati yakni, Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Kesehatan Masyarakat. *Inc-11