Nias-Intainews.com:Dana yang digelontorkan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tahun 2019 untuk penanganan jalan Provinsi yang ada di Kepulauan Nias, Sumatera Utara bertambah menjadi Rp 75 milliar.

“Tahun lalu dana untuk penanganan jalan provinsi di Kepulauan Nias hanya sebesar Rp 54 milliar,” kata Ekuator Daeli (foto), Kepala UPT Jalan dan Jembatan, Provinsi Sumatera Utara, Cabang  Gunungsitoli, Selasa 8 Januari 2019.

“Tahun lalu anggaran yang sebesar Rp 55 milliar kita bagi menjadi 11 paket, untuk anggaran tahun ini kita bagi menjadi 16 paket proyek,” jelasnya.

Dari Ekuator, diketahui jika penggunaan dana sebesar Rp 75 milliar lebih difokuskan pada penanganan jalan provinsi yang rusak akibat bemcana alam.

Jalan yang akan ditangani sebagian besar berada di Kabupaten Nias Barag, Nias Selatan dan Nias. Sedangkan untuk Kabupaten Nias Utara, akan dilakukan pekerjaan peningkatan jalan dengan kontruksi hotmix pada ruas jalan kecamatan Lotu menuju kecamatan Tuhemberua.

“Saat ini kendala kita hanya keterbatasan personal dan untuk memaksimalkan pelaksanaan pekerjaan, kita mempekerjakan konsultan atau pihak ketiga,” jelasnya.

Personal yang ditugaskan di UPT Jalan dan Jembatan provinsi Sumatera Utara, cabang Gunungsitoli hanya sebanyak 16 pegawai. *Inc12