Medan-Intainews.com:Walikota Medan Dzulmi Eldin diwakili Sekda Kota Medan Wirya Al Rahman menghadiri pemusnahan arsip Bagian Umum Sekretariat Kota Medan Tahun 2018 di Balaikota Medan, Senin 31 Desember 2018 (foto).

Pemusnahan itu dilakukan untuk mengurangi jumlah arsip in-aktif Bagian Umum Setdako Medan sejak tahun 1971 sampai arsip tahun 1976. Pemusnahan dilakukan dengan menggunakan mesin penghancur kertas.

Sekda memasukkan berkas arsip in-aktif ke dalam mesin penghancur kertas disaksikan Asisten Umum Ikhwan Habibi Daulay, Kepala Inspektorat kota Medan Farid Wajedi, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Darusalam Pohan dan Kabag Umum Andi Syahputra.

Dalam hitungan detik, berkas in-aktif yang dimasukkan Sekda telah hancur. Kemudian Sekda membuka tutup mesin penghancur kerta dan memperlihatkan bekas in-aktif sudah hancur.

Walikota dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda mengatakan, permasalahan yang sering dihadapi pengelola arsip adalah terjadinya penumpukan arsip dari waktu ke waktu. Hal ini tidak terlepas dari karakteristik arsip yang menumpuk secara alami.

Melalui acara pemusnahan arsip ini, Walikota mengharapkan kepada seluruh OPD di lingkungan Pemko medan agar melakukan hal yang sama demi tertibnya administrasi kearsipan. *Inc-03