Gunungsitoli-Intainews.com:TNI dan Polri bersinergi amankan Natal dan Tahun Baru di Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara. Sebanyak 151 personel gabungan TNI dari Kodim 0213/Nias dan Polres Nias dibantu instansi terkait diturunkan mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru di Gunungsitoli (foto).

“Personel gabungan ditempatkan di pos pengamanan pelabuhan Gunungsitoli, bandar udara Gunungsitoli dan pos polisi lalu lintas Polres Nias,” kata Dandim 0213/Nias Letkol Inf Reymind RS Purba, pada upacara gelar pasukan operasi lilin toba 2018 di Mapolres Nias, Sumatera Utara, Jumat 21 Desember 2018.

Dandim memberitahu, tema apel gelar pasukan operasi Lilin Toba 2018 adalah “melalui apel gelar pasukan operasi lilin toba 2018, kita tingkatkan sinergi Polri dengan Instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat pada perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019”.

Gelar pasukan yang diselenggarakan tersebut merupakan momentum penting untuk meninjau kesiapsiagaan personel. Untuk mengecek sarana dan prasarana serta memperkuat soliditas para pemangku kepentingan dalam Pengamanan hari Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Dalam melaksanakan tugas, personel wajib mengantisipasi intensitas kegiatan masyarakat situasi menjelang Natal dan pergantian Tahun Baru yang akan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berkumpul bersama keluarga.

Mengantisipasi kejahatan konvensional, aksi terorisme, sweeping ormas, kecelakaan Moda, menjaga stabilitas harga pangan serta mengurangi kemacetan dan kecelakaan lalulintas. Dari Dandim diketahui jika operasi lilin toba 2018 digelar selama 12 hari mulai t21 Desember 2018 sampai 1 Januari 2019. *Inc-12